PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DAN SWASTA (STUDI KOMPARASI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKAT DAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKAT DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA)

SERLI AMELIA NURSINTA DEWI , NIM. 10481007 (2014) PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DAN SWASTA (STUDI KOMPARASI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKAT DAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKAT DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DAN SWASTA (STUDI KOMPARASI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKAT DAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKAT DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DAN SWASTA (STUDI KOMPARASI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKAT DAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKAT DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Serli Amelia Nursinta Dewi “Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan Swasta (Studi Komparasi Guru yang Sudah Bersertifikat dan Guru yang Belum Bersertifikat di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Yogyakarta)”. skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Guru merupakan salah satu faktor pendukung dari keberhasilan suatu kurikulum dan juga merupakan teladan bagi peserta didiknya. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk menjadi seseorang yang dapat berperilaku profesional. Untuk menjadi guru yang profesional, maka ia harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Namun, faktanya masih banyak guru yang masih belum berperilaku profesional. Hal itu, sangat jelas terlihat pada guru yang ada di sekolah/madrasah negeri dengan swasta. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan profesionalitas guru yaitu dengan program sertifikasi guru. Program sertifikasi guru merupakan suatu proses pemberian sertifikat kepada guru yang telah memenuhi syarat-syarat guru profesional. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan perilaku profesional guru antara di MIN Yogyakarta II dengan di MI Ma’had Islamy Yogyakarta berdasarkan kategorisasi perilaku profesionalnya?; (2) Adakah perbedaan perilaku profesional yang dimiliki oleh guru berdasarkan kepemilikan sertifikat guru?; (3) Adakah perbedaan perilaku profesional yang dimiliki oleh guru bersertifikat antara guru di MIN Yogyakarta II dengan guru di MI Ma’had Islamy Yogyakarta?; serta (4) Adakah perbedaan perilaku profesional yang dimiliki oleh guru belum bersertifikat antara guru di MIN Yogyakarta II dengan guru di MI Ma’had Islamy Yogyakarta? Jenis atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (survey) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket profesionalisme guru yang terdiri dari 59 buah pernyataan yang mencakup keempat kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui (1) tidak ada perbedaan perilaku profesional antara guru di MIN Yogyakarta II dengan guru di MI Ma’had Islamy Yogyakarta dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,063; (2) tidak ada perbedaan perilaku profesional guru antara yang bersertifikat dengan yang belum dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,122; (3) tidak ada perbedaan perilaku profesional guru yang bersertifikat antara guru di MIN Yogyakarta dengan guru di MI Ma’had Islamy Yogyakarta dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,381; serta (4) ada perbedaan perilaku profesional guru yang belum bersertifikat antara guru di MIN Yogyakarta II dengan guru di MI Ma’had Islamy Yogyakarta dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,032.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Madrasah Negeri dan Swasta, Sertifikasi Guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2014 06:29
Last Modified: 01 Mar 2017 01:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item