PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERTERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IBADAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

AGUS AWANG PAMUNGKAS , NIM. 08410220 (2014) PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERTERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IBADAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERTERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IBADAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH MLATI SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERTERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IBADAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH MLATI SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Latar belakang masalah, masalah lemahnya proses mengembangkan kemampuan berfikir, proses pembelajaran selama ini umumnya cenderung bersifat konvensional, masih mengedepankan proses pembelajaran yang pasif. Metode pembelajaran yang bersifat konvensional di anggap kuran gmemberi pengalaman belajar pada siswa serta kurang mengeksplorasi wawasan pengetahuan siswa, sikap dan prestasi siswa. Dari hasil observasi Minat Belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Mlati Sleman yang belum optimal ditunjukan dengan adanya siswa yang ramai sendiri pada saat pelajaran, diam-diam menggunakan handphone, terlambat masuk kelas, kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang respon terhadap materi, dan tidur di dalam kelas. Dilihat dari prestasinya diperoleh pada saat ulangan harian diketahui bahwa 68% siswa atau 19 siswa dari 29 secara keseluruhan masih belum mampu mencapa inilai KKM. Nilai rata-rata siswa 72, sedangkan nilai KKM yang harus dicapai 75. Penelitian ini merupaka suatu penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta yang jumlahnya 29 siswa/siswi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji Instrumen meliputi uji validitas, uji reliablitas.Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji t-test. Pelaksanaan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dalam pembelajaran Ibadah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta, siswa diberikan pre-test pada awal pertemuan dan post-test pada akhir pertemuan. Siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran walaupun siswa ramai tetapi memperhatikan setiap langkah-langkah dari dibentuknya kelompok, penomoran, menjawab pertanyaan, diskusi, presentasi sampai selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran Ibadah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta.Strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together juga berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ibadah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta.Hal ini terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) pada equal variances assumed adalah 0,001 atau <0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan nilai post-test antara kedua kelompok. StrategiCooperative Learning tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap minat belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran Ibadah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig <0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2014 06:32
Last Modified: 02 Aug 2017 03:19
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/11817

Actions (login required)

View Item View Item