Uslub al Tashbiyyah fi riwayah "usfur min al sharq" li Taufiq al Hakim (Dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah)

AHMAD FAUZI, NIM. 07110072 (2014) Uslub al Tashbiyyah fi riwayah "usfur min al sharq" li Taufiq al Hakim (Dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AHMAD FAUZI - NIM. 07110072 Uslub al Tashbiyyah fi riwayah "usfur min al sharq" li Taufiq al Hakim (Dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img] Text (AHMAD FAUZI - NIM. 07110072 Uslub al Tashbiyyah fi riwayah "usfur min al sharq" li Taufiq al Hakim (Dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Keindahan karya sastra tidak hanya bias dilihat dari jalan cerita atau pesan yang ingin disampaikan dalam cerita tersebut, melainkan unsure keindahan dari aspek bahasa juga harus diperhitungkan. Skripsi ini mengambil penelitian tentang tasybih, Oleh penulis diyakini peran tasybih dalam karya sastra ini yang ditulis sastrawan mesir Taufik el-Hakim yang dikenal mempunyai gaya bahasa yang baik dan menarik. Tasybih dalam ilmu balaghoh mengungkapkan bahwa sesuatu itu memiliki kesamaan dengan yang lainnya dalam sifat. Dalam menyamakan hal tersebut seseorang dapat menggunakan sarana bahasa yang dapat membedakan antara tasybih dan majas, baik secara eksplisit maupun implisit. Dalam hal ini penulis focus pada alat penyamaan antara dua benda yang disebut dengan tasybih. Tasybih terdiri dari empat unsur :musyabbah, musyabbah bihi, adat tasybih, wajhu syibhi. Dengan adanya objek materi novel “Ushfur min Al-Syarqi” ini , penulis berasumsi bahwa terdapat jenis-jenis tasybih didalamnya dan terdapat kalimatkalimat yang menggunakan uslub tasybih, Hasil penelitian ini ditemukan 33 kasus tentang uslub tasybih,dan penulis dapat mendiskripsikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. HM. Pribadi, MA., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tashbiyyah
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:25
Last Modified: 10 Jul 2015 03:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item