OPTIMASI WINDBELT SEBAGAI GENERATOR LISTRIK

Drs. NUR UNTORO, M.Si. , - (2013) OPTIMASI WINDBELT SEBAGAI GENERATOR LISTRIK. OPTIMASI WINDBELT SEBAGAI GENERATOR LISTRIK.

[img] Text
Cover Penelitian windbelt2013 revisi.doc

Download (117kB)
[img] Text
LAPORAN WINDBELT 2013.docx

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL iLMIAH,windbelt 2013.doc

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mempelajari windbelt sebagai generator listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari rancangan generator yang berupa magnet dan kumparan agar menghasilkan daya listrik optimal pada windbelt dengan pita lebar 12mm dan panjang 1m. Aspek yang diteliti adalah diameter dan tebal magnet, diameter dalam kumparan, diameter kawat dan jumlah lilitan. Windbelt diuji dengan kipas angin dengan kecepatan angin sekitar 4m/s. Hasil pengujian menunjukkan magnet yang paling besar menginduksi kumparan adalah berdiameter 15mm dengan tebal 4mm. Pola kibaran yang terjadi pada ukuran magnet tersebut adalah vibrasi dan rotasi, dengan gerak rotasi lebih dominan. Kumparan yang menghasilkan tegangan perlilitan adalah berdiameter dalam sama dengan diameter magnet. Diameter kawat yang cocok digunakan adalah 0,2mm, dengan jumlah lilitan yang diperlukan sekitar 1mV/lilitan. Penggunaan dua kumparan tidak bisa disambung secara seri, karena sinyal tegangan berubah-ubah sesuai pola kibaran pita. Pemasangan kumparan yang menghasilkan tegangan terbaik adalah disamping magnet dan bukan menghadap kutub magnet. Daya listrik tertinggi yang dihasilkan oleh kumparan 2500 lilitan berdiameter kawat 0,2mm adalah 10,4mW, dengan efisiensi sekitar 4,4%.

Item Type: Article
Additional Information: Kata Kunci: windbelt, diameter dan tebal magnet, ukuran kawat, jumlah lilitan, pola kibar, daya listrik.
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Apr 2014 10:44
Last Modified: 06 Aug 2018 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum