MUSIQIY AL SHI'R FI DIWAN AL RAFI'I (JUZ II) LI MUSTAFA SADIQ AL RAFI'I (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH WAQAFAWIYYAH)

FARHAN FIRDAUS, NIM. 10110052 (2014) MUSIQIY AL SHI'R FI DIWAN AL RAFI'I (JUZ II) LI MUSTAFA SADIQ AL RAFI'I (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH WAQAFAWIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MUSIQIY AL SHI'R FI DIWAN AL RAFI'I (JUZ II) LI MUSTAFA SADIQ AL RAFI'I (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH WAQAFAWIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MUSIQIY AL SHI'R FI DIWAN AL RAFI'I (JUZ II) LI MUSTAFA SADIQ AL RAFI'I (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH WAQAFAWIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Antologi al-Rafi’i adalah salah satu antologi yang disusun oleh seorang penyair neoklasik kelahiran Tharabulus (Tripoli) Libya, Musthafa Shadiq al-Rafi’i, selain antologi al- Nadzarat. Dalam antologi tersebut dimuat berbagai tema diantaranya, ada yang bertemakan Madh, Washf, dan Ghazl. Hal yang unik adalah ketika banyak penyair baik penyair Umayyah maupun penyair Abbasiyyah yang mencoba untuk melepaskan diri dari aturan-aturan masa klasik justru penyair yang lahir pada masa modern ini menyusun syairnya ini dengan mengikuti aturan-aturan yang populer pada masa klasik baik dari segi wazan maupun Qafiyah.. Penelitian ini mengkaji puisi Musthafa Shadiq al-Rafi’i yang terkumpul dalam antologinya dengan menggunakan analisis Ilmu ‘Arudl dan Qafiyah. Menggunakan kedua ilmu tersebut karena untuk mengetahui musikalitas puisi tersebut di mana ilmu ‘Arudl untuk mengetahui kesahihan, kerusakan, dan perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan puisi baik berupa zihaf maupun ‘illat. Sedangkan ilmu Qafiyah untuk mengetahui Qafiyah syair dalam antologi tersebut baik huruf, harakat, maupu ‘aibnya. Dari segi wazan, antologi ini menggunakan sekitar 13 bahr mulai dari Thawil, Mutaqarib, Wafir, Basith, Rojaz, Sari’, Kamil, Madid, Raml, Khafif, Munsarih, Mujtats, dan Mutadarik. Bahkan dimuat juga Muwasysyah yang terkenal pada masa Bani Umayyah berjumlah 18 bait. Sedangakan dari segi Qafiyah, ‘aibnya ada dua, yaitu Itha’ dan Sinad al-Ridf. Kata Kunci : Musthafa Shadiq al-Rafi’i, ‘Arudl, Qafiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: MOH. KANIF ANWARI, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Musthafa Shadiq al-Rafi’i, ‘Arudl, Qafiyah
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Apr 2014 08:21
Last Modified: 24 Jul 2015 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum