EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QAWĀID ṢARAF MENGGUNAKAN KITAB MATNU AL-BINᾹI WA AL-ASᾹSI DI KELAS AWALIYAH III MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MUHLISOH , NIM. 10420004 (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QAWĀID ṢARAF MENGGUNAKAN KITAB MATNU AL-BINᾹI WA AL-ASᾹSI DI KELAS AWALIYAH III MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QAWĀID ṢARAF MENGGUNAKAN KITAB MATNU AL-BINᾹI WA AL-ASᾹSI DI KELAS AWALIYAH III MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QAWĀID ṢARAF MENGGUNAKAN KITAB MATNU AL-BINᾹI WA AL-ASᾹSI DI KELAS AWALIYAH III MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, tingkat efektivitas pembelajaran, dan faktor pendukung serta penghambat proses pembelajaran Qawāid Ṣaraf menggunakan kitab Matnu Al-Bināi wa Al-Asāsi di Kelas Awaliyah III Madrasah Diniyah An-Nawawi Putri Pondok Pesantren Al-Fithroh Jejeran Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analis deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan data yang telah terkumpul secara jelas dan terperinci. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data waka Madrasah Diniyah, Guru Mata Pelajaran Ṣaraf , siswa kelasa awaliyah III Madrasah Diniyah An-Nawawi, dan segenap informan yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dikelas Awaliyah III menggunakan metode ceramah, gramatika tarjamah, latihan, tanya jawab dengan nilai rata-rata 8,5. Efektivitas Pembelajaran Qawāid Ṣaraf Menggunakan Kitab Matnu Al-Bināi wa Al-Asāsi di Kelas Awaliyah III belum efektif karena hanya dilihat dari satu sisi saja. Faktor pendukung pembelajaran adalah siswa memiliki kitab Matnu Al-Bināi wa Al-Asāsi , dan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Sedangkat faktor penghambatnya adalah alokasi waktu pembelajaran terbatas, kurangnya kedisiplinan, latar belakang santri yang beragam, pemahaman terhadap pembelajaran yang diterima siswa tidak sama, tidak ada jam tambahan ekstrakulikuler, dan ruang pembelajaran yang kurang nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syamsudin Asyrofi MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Evaktivitas, Pembelajaran Qawāid Ṣaraf, kitab Matnu Al-Bināi wa Al-Asāsi.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Apr 2014 14:48
Last Modified: 21 Jul 2017 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum