PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYYAH BERSAMBUNG PADA ANAK USIA LATE CHILDHOOD (STUDI KASUS DI KELAS WUSTHO TPA AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA)

Zakiyatunnisa Al Mubarokah, NIM.: 10420050 (2014) PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYYAH BERSAMBUNG PADA ANAK USIA LATE CHILDHOOD (STUDI KASUS DI KELAS WUSTHO TPA AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYYAH BERSAMBUNG PADA ANAK USIA LATE CHILDHOOD (STUDI KASUS DI KELAS WUSTHO TPA AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYYAH BERSAMBUNG PADA ANAK USIA LATE CHILDHOOD (STUDI KASUS DI KELAS WUSTHO TPA AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung, mengetahui hasil pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajarannnya pada anak usia late childhood di kelas wustho TPA Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian lapangan (field research) ini merupakan penelitian dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci, serta metode analisis kuantitatif untuk menganalisa hasil tes santri dalam keterampilan membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes dengan sumber data direktur, ustadz/ah dan santri kelas wustho TPA Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tujuan pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung di kelas wustho TPA Al-Luqmaniyyah adalah agar santri mampu membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung dengan benar. Proses pembelajaran cukup berjalan lancar dengan metode dan teknik pembelajaran yang bervariatif, yaitu metode ceramah, metode bermain, metode privat, teknik pembelajaran klasikal, menyalin dan dikte. (2) Hasil pembelajaran membaca huruf hijaiyyah bersambung pada anak usia late childhood di kelas wustho TPA Al-Luqmaniyyah tergolong baik dengan nilai ratarata 74 dan hasil pembelajaran menulispun tergolong baik dengan nilai rata-rata 73. (3) Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung adalah interaksi yang baik antara ustadz/ah dan santri, media pembelajaran yang memadai, antusias santri dan wali santri, latar belakang ustadz/ah dari pondok pesantren, pelatihan seni menulis huruf arab,materi yang sederhana dan evaluasi yang terencana. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajarannya adalah pelaksanaan ujian sekolah,kurang semangat santri dalam kegiatan menulis,sifat alamiah santri yang suka bermain, belum adanya pelatihan cara menulis huruf Arab yang benar dan kurang persiapan dari ustadz/ah sebelum menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Syamsuddin Asyrofi, MM
Uncontrolled Keywords: membaca; santri; PIAUD; ustadz
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Apr 2014 14:50
Last Modified: 30 May 2022 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum