UPAYA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (Studi Kasus di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta)

NUR AZIZAH, NIM. 09480012 (2013) UPAYA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (Studi Kasus di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (Studi Kasus di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (Studi Kasus di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) upaya madrasah dalam pembinaan kecerdasan spiritual siswa di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta, 2) efektifitas program dalam pembinaan kecerdasan spiritual siswa di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta, dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kecerdasan spiritual siswa di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu menfokuskan pada data yang penting kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif-analitik, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) upaya madrasah dalam pembinaan kecerdasan spiritual siswa di MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta dilaksanakan melalui beberapa program, diantaranya: shalat dhuha berjamaah, membaca bacaan-bacaan shalat, tadarus bersama sebelum proses pembelajaran dimulai, membaca asma’ul husna, mujahadah dan simaan al-Qur’an, guru mengucapkan salam ketika bertemu siswa, perawatan green house, kegiatan jum’at bersih, dan pesantren ramadhan. 2) Program madrasah yang diadakan oleh MIN Jejeran “sangat efektif”, hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan yaitu P= 80,375%. 3) Faktor pendukung dalam pembinaan kecerdasan spiritual siswa MIN Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta antara lain: mayoritas siswa yang berasal dari keluarga santri dan bertempat tinggal di lingkungan yang islami, fasilitas madrasah yang memadai, dukungan dari pihak komite madrasah, kepala madrasah, semua guru dan wali siswa, antusias dari para siswa dalam mengikuti program madrasah, dan terdapat kata-kata motivasi untuk selalu berakhlak baik. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: pihak madrasah tidak bisa memantau kegiatan siswa sehari-hari selama di rumah dan apakah wali siswa sudah memantau dengan baik atau belum terhadap kecerdasan spiritual siswa di rumah, asumsi yang salah dari sebagian pihak wali siswa, bahwa wali siswa menyerahkan sepenuhnya kepada madrasah untuk membina kecerdasan spiritual anak-anaknya, dan lingkungan bermain siswa yang tidak mendukung ketika berada di luar madrasah. Kata kunci: Upaya Pembinaan Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Spiritual, MIN Jejeran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: H. JAUHAR HATTA, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Upaya Pembinaan Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Spiritual, MIN Jejeran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2014 00:58
Last Modified: 31 Jan 2017 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11879

Actions (login required)

View Item View Item