STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HAMKA DAN ZAKIAH DARADJAT

NUR ROHMAN, NIM. 09470174 (2013) STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HAMKA DAN ZAKIAH DARADJAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HAMKA DAN ZAKIAH DARADJAT)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HAMKA DAN ZAKIAH DARADJAT)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari dampak pendidikan nasional yang mulai meninggalkan nilai moral. Sehingga banyak dari peserta didik yang dinilai tidak mempunyai kesantunan. Sesungguhnya tujuan utama dari pendidikan Islam ialah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, jiwa yang bersih, dan tahu membedakan baik dengan buruk. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji bagaimanakah konsep pendidikan akhlak HAMKA dan Zakiah Daradjat, yang nantinya akan dapat memecahkan masalah-masalah moral yang terjadi di negeri ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Zakiah Daradjat, (2) Mengetahui komparasi konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Zakiah Daradjat. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian Studi Pustaka (Library Research), ialah penelitian teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Metode yang digunakan untuk menganalisis isi adalah (Content Analisis), metode ini merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam konteks ini peneliti mengkaji dari pemikiran HAMKA dan Zakiah Daradjat mengenai konsep pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA ada empat keutamaan, yaitu: (a) syaja’ah berarti berani karena benar dan takut karena salah. (b) Iffah yang artinya kesanggupan menahan diri. (c) Hikmat, artinya bijaksana. (d) ‘adl, Keadilan adalah perangai mulia dari akal budi, dari pada nafsu marah dan syahwat. (2) Konsep pendidikan akhlak menurut Zakiah Daradjat empat faktor, yaitu: (a) Perasaan adalah tanggapan pancaindra yang mempertimbangkan baik atau buruk, salah atau benar. (b) pikiran yaitu menggunakan pikiran untuk mempertimbangkan dan memutuskan mana yang yang baik atau buruk, benar atau salah. (c) Kelakuan adalah perbuatan, tingkah laku, perangai, perihal tentang keadaan. (d) Sehat Badan adalah baik seluruh badan serta bagian-bagiannya bebas dari sakit yang mendatangkan kebaikan. (3) Persamaan konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Zakiah Daradjat adalah keduanya sama-sama menekankan dasar pendidikan akhlak adalah ajaran agama Islam dan dengan akhlak dapat menjadikan hidup lebih baik dan ketenangan dalam jiwa. (4) Perbedaan, pertama, Dalam penentuan istilah konsep pendidikan akhlak dan faktor-faktornya antara HAMKA dan Zakiah Daradjat, maknanya yang hampir sama. Kedua, Dalam cara menjaga kesehatan jiwa menurut HAMKA ini lebih menekankan perilaku sehari-hari yang selalu kita jalani. Sedangkan cara menjaga kesehatan mental Zakiah Daradjat lebih menekankan pada pengendalian perasaan, pikiran dan sudut pandang yang direalisasikan dalam bentuk perbuatan. Kata Kunci : Konsep Pendidikan Akhlak, HAMKA, Zakiah Daradjat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: M. Agus Nuryatno, MA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Akhlak, HAMKA, Zakiah Daradjat.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2014 14:20
Last Modified: 16 Apr 2014 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum