PERUBAHAN KTSP MENJADI KURIKULUM 2013 (SOSIASLISASI IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK-INTEGRATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN)

Drs. H. SEDYA SANTOSA, SS, M.Pd., - (2013) PERUBAHAN KTSP MENJADI KURIKULUM 2013 (SOSIASLISASI IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK-INTEGRATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN). PERUBAHAN KTSP MENJADI KURIKULUM 2013 (SOSIASLISASI IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK-INTEGRATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN).

[img] Text
BAB V. Penutup.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB II Gambaran Umum MIN I Tempel.docx

Download (266kB)
[img] Text
Bab. I. Tematik Pak Sedya.doc

Download (104kB)
[img] Text
Ringkasan Kur 2013.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB III. Kur 2013 Tematik Integratif.docx

Download (28kB)
[img] Text
Bab IV Pembelajaran Tematik Integratif di MIN Tempel....docx

Download (57kB)

Abstract

----- Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah bentuk pergeseran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke kurikulum 2013 dan implikasinya bagi lembaga pendidikan, khususnya MIN Tempel? 2. Bagaimanakah kesiapan MIN Tempel dalam mengimplikasikan pendekatan tematik integratif kurikulum 2013? ----- Tujuan dan Manfaat Penelitian Dengan terjawabnya rumusan masalah di atas, tujuan yang ingin diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk menemukan model bentuk implementasi Pendekatan Tematik dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di MIN I Tempel sebagai basic implementasi kurikulum 2013. 2. Untuk mengetehaui persiapan MIN I Tempel dalam mengimplementasikan pendekatan tematik integratif sebagai respon perubahan KTSP ke Kurikulum 2013. Dengan tercapainya tujuan di atas, penelitian ini diharapkan bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoretis, temuan dalam penelitian ini dapat menjadi rujukan teoritis bagi keberlangsungkan pola implementasi pemebelajaran tematik pada KTSP menuju pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013. Secara praktis, temuan dalam penelitian ini dapat dirasakan oleh berbagia pihak, diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Bagi guru, temuan dalam penelitian ini dapat menjadi acuan dalam mempersiapkan implementasi kurikulum 2013 melalui pengembangan implementasi pendekatan Tematik pada KTSP. 2. Bagi MIN I tempel, temuan ini dapat memperkuat persiapan implementasi kurikulum 2013. 3. Bagi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kehuruan, temuan dalam penelitian ini dapat menjadi pertimbangan kebijakan yang berimlikasi pada perubahan paradigma keilmuan—khususnya kurikulum—sehingga dapat mengaitkan antara pola implementasi secara praktis, peraturan perundang-undangan secara yuridis dan keilmuan secara akademis di masa transisi perubahan kurikulum seperti sekarang ini.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Apr 2014 02:08
Last Modified: 06 Aug 2018 06:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item