ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATAKULIAH KALKULUS I DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

SINTHA SIH DEWANTI, S.Pd.Si., M.Pd.Si, - (2013) ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATAKULIAH KALKULUS I DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATAKULIAH KALKULUS I DITINJAU DARI GAYA BELAJAR.

[img] Text
Laporan Penelitian Nov 2013.doc

Download (10MB)
[img] Text
Ringkasan Penelitian Nov 2013 untuk Jurnal.doc

Download (604kB)
[img] Text
Laporan Penelitian Nov 2013 (Cover).doc

Download (204kB)

Abstract

----- Pokok Masalah Dalam penelitian ini hal utama yang menjadi pokok kajian adalah miskonsepsi mahasiswa pada matakuliah kalkulus I dan gaya belajar mahasiswa. Di samping itu terdapat juga faktor lain yang akan dikaitkan dengan hal pokok kajian tersebut, yaitu perbedaan gender (laki-laki dan perempuan). Secara terperinci rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut. 1. Bagaimana kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah kalkulus I? 2. Bagaimana gaya belajar mahasiswa pada matakuliah kalkulus I? 3. Bagaimana kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah kalkulus I jika ditinjau dari gaya belajar? 4. Bagaimana kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah kalkulus I jika ditinjau dari gender dan gaya belajar? 5. Bagaimana tipe kesalahan yang dilakukan mahaiswa dalam menyelesaikan soal-soal kalkulus I? 6. Bagaimana miskonsepsi mahaiswa pada matakuliah kalkulus I? 7. Bagaimana miskonsepsi mahasiswa pada matakuliah kalkulus I jika ditinjau dari gaya belajar? 8. Bagaimana miskonsepsi mahasiswa pada matakuliah kalkulus I jika ditinjau dari gender dan gaya belajar? ----- Tujuan dan Kegunaan Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif hasil analisis tentang kemampuan pemahaman konsep dan miskonsepsi ditinjau secara keseluruhan, perbedaan gaya belajar, serta perbedaan gender. Manfaat hasil penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Pertama, bagi pengembangan teori, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan untuk pengembangan bahan ajar, model, atau pendekatan pembelajaran tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Kedua, penerapan model, pendekatan, atau metode perkuliahan tertentu akan lebih efektif, efisien, dan jelas arah tindakannya karena berdasarkan hasil penelitian dan analisis pendahuluan. Ketiga, bagi pemegang kebijakan, hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan dalam menerapkan kebijakan tertentu dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Apr 2014 09:10
Last Modified: 16 Apr 2014 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item