IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SMP TUMBUH YOGYAKARTA

SITI ROCHMANIYAH , NIM. 10470008 (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SMP TUMBUH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SMP TUMBUH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SMP TUMBUH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia, sebagai negara Bhineka Tunggal Ika ternyata tingkat toleransinya masih sangat minim, hal itu disebabkan pendidikan multikultural masih parsial dan belum terintegrasi dalam proses belajar mengajar di sekolahan, seperti hasil penetian dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang menyebutkan sikap toleransi dipengaruhi oleh pendidikan. Oleh karean itu diperlukan sebuah pendidikan yang mengintegralkan antara pengimplementasian pendidikan multikultural dengan model sekolah yang menerapkan konsep pendidikan inkulsi, seperti di Sekolah Inklusi SMP Tumbuh Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana implementasi pendidikan multikultural di sekolah inklusi SMP Tumbuh Yogyakarta; (2) mengetahui faktorfaktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural di sekolah inklusi SMP Tumbuh Yogyakarta. Dengan begitu hasil dari peneltian ini mampu menjadi referensi tersendiri dalam pengembangan pendidikan multikulutral dalam setting pendidikan inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan objek penelitian SMP Tumbuh Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dengan tujuan menyajikan kegiatan belajar mengajar di SMP Tumbuh Yogyakarta secara komprehensif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan pengumpulan data dokumentasi yang menyangkut pendidikan multikultural di sekolah inklusi. Metode analisis data yaitu dengan teknik analisis induktif, yakni melakukan pengamatan lapangan dan menganalisa dengan teori-teori yang ada. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural, SMP Tumbuh Yogyakarta melakukan inovasi-kritis serta kreasi terhadap kurikulum yang ada dengan memasukkan nilai-nilai multikultural yang inklusif yakni dengan menyisipkan pendidikan multikultural ke dalam semua kegiatan belajar mengajar, baik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstra kurikuler, dan metode pembelajaran. Dengan begitu, perserta didik memiliki sikap saling menghargai, toleransi, terbuka dalam berfikir, dan percaya diri; (2) faktor pendukunggnya adalah adanya kerjasama yang baik antara semua komponen sekolah, mulai dari murid, guru, karyawan dan orang tua siswa. Adanya keluasan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya baik melalui intra maupun ekstra sekolah; (3) SMP Tumbuh Yogykarta masih tergolong sebagai sekolah baru, sehingga sarana dan prasarana sekolah masih kurang memadai dan belum banyak yang mengenal SMP Tumbuh Yogykarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Multikultural dan Inklusi.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 10:03
Last Modified: 28 Jul 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum