KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR.

SRI HARTATIK , NIM. 97382948 (2002) KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR. )
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR. )
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dunia perdagangan merupakan dunia yang penuh resiko dan liku-liku yang apabila dilaksanakan dengan tidak menggunakan aturan dan norma-norma agama, maka akan dapat menjerumuskan pada perilaku mementingkan diri sendiri, bukan bagaimana cara berperilaku dagang yang baik dan benar sesuai dengan norma-norma ajaran Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik, Adapun pengumpulan datanya bersumber populasi dan sampel melalui observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hukum empiris dan pendekatan sosiologis, yang dianalisa menggunakan metode deskriptif analitik kualitatif dan metode deskriptif analitik kuantitatif. Pelaksanaan ketentuan hukum Islam oleh para pedagang didukung oleh adanya penyuluhan rutin dari pengurus pasar, mayoritas pedagang yang beragama Islam dan adanya pengetahuan tentang Islam dalam jual beli memungkinkan diterapkannya ketentuan tersebut dalam praktek jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata kunci: pedagang, hukum Islam, jual beli, pasar
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 18:37
Last Modified: 04 May 2016 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum