PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VI MIN JOGJAKARTA

MA’MULAH NOOR, NIM. 97473732 (2003) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VI MIN JOGJAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VI MIN JOGJAKARTA)
BAB I. IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VI MIN JOGJAKARTA)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa Sekolah Dasar dalam menerima pengalaman belajar serta mendalami materi materi-materi pengajaran masih banyak membutuhkan hal-hal, kejadian, ataupun benda-benda yang bersifat kongkrit, mudah diamati dan langsung dihadapi, sehingga pengalaman-pengalaman tersebut akan lebih mengesan dan mudah dipahami. Karena rentang usia SD antara 6 atau 7 tahun sampai 12 atau 13 tahun adalah berada dalam tataran berpikir konkrit. Sumber belajar sangat penting artinya untuk mengantarkan taraf berpikir kongkrit. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pemanfaatan sumber belajar pada mata pelajaran Fiqih di kelas VI MIN Jogjakarta I, yang meliputi: sumber belajar yang diutamakan pemanfaatannya, proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru, dan respon siswa kelas VI terhadap pemanfaatan sumber belajar mengajar mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif- kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala bagian kurikulum, guru mata pelajaran Fiqih, dan siswasiswi kelas VI MIN Jogjakarta I. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Setelah melakukan pengumpulan dan menganalisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat beberapa sumber belajar dalam proses melajar mengajar mata pelajaran Fiqih di kelas VI, yaitu: a) Manusia adalah guru, siswa, kepala sekolah dan wali kelas, yang paling berperan adalah guru. b) Jenis bahan, yang paling berperan adalah buku, karena setiap proses belajar mengajar selalu memanfaatkan buku sebagai sumber belajar. c) Alat peraga, papan tulis adalah yang paling berperan sebagai sumber belajar yang dimanfaatkan guru dan siswa. Adapun jenis metode atau teknik yang digunakan adalah kombinasi dari metode ceramah, tanya jawab, cerita dan pemberian tugas. d) lingkungan, yang paling berperan adalah lingkungan dalam kelas. 2) Perencanaan pemanfaatan sumber belajar dibuat dalam benuk rencana harian yang dibuat guru dalam satu pokok bahasan untuk satu kali pertemuan, dengan mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, tingkat kesukaran materi, ketersediaan sumber belajar, tingkat perkembangan dan kemampuan siswa serta biaya yang ada. Sedangkan pemanfaatan sumber belajar masih belum optimal, dilihat dari jarangnya guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar sekolahan, hanya masjid dan perpustakaan yang telah dimanfaatkan. Evaluasi pemanfaatan sumber belajar belum bisa diperoleh keterangan, karena belum terukurnya keberhasilan proses belajar mengajar. Namun dalam evaluasi harian terlihat bahwa pemanfaatan sumber belajar meskipun belum optimal. 3) Respon siswa terhadap pemanfaatan sumber belajar yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqih bergantung kepada pembawaan guru sebagai pengelola sumber belajar. Jika guru dalam mengajar memanfaatkan seluruh potensi dan daya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar maka siswa sangat antusias dalam belajarnya atau sebaliknya.jika guru dan siswa terdapat hubungan yang komunikatif, maka proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar dan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Key word: Sumber belajar, Proses Belajar Fiqih
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 18:56
Last Modified: 09 Mar 2017 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum