KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KURIKULUM MTs DEPAG RI).

SITI MAHABAH , NIM. 97473682 (2003) KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KURIKULUM MTs DEPAG RI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KURIKULUM MTs DEPAG RI). )
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KURIKULUM MTs DEPAG RI). )
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum yang dipandang baik untuk mencapai tujuan pendidikan adalah yang bersifatintegreted dan komprehensif, mencakup ilmu agama dan ilmu umum. Karena kesempurnaan manusia tidak akan tercapai kecuali dengan menserasikan antara agama dan ilmu pengetahuan umum. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang sumber datanya dari sumber data primer dan sekunder. Adapun langkah- langkah penelitiannya yaitu mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, dan menganalisa data menggunakan metode deskriptif-analitik. Kurikulum pendidikan Islam meliputi sejumlah materi pelajaran dan aktivitas yang di dalamnya menonjolkan tujuan agama dan akhlak, berurutan, berkesinambungan dan terintegrasi, yakni di dalam kurikulum tersebut mempunyai sistem pengajaran dan materi yang selaras dengan fitrah manusia, dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang fundamental ndan sesuai dengan tingkatan anak didik serta mengandung nilai-nilai islami dan unsur ketauidan. Konsep itu dapat diwujudkan dengan pendekatan holistik dalam sistem pendidikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Key word: kurikulum, pendidikan Islam, pendekatan holistik
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 19:31
Last Modified: 10 Mar 2017 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum