PERAN ORANG TUA UNTUK MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK DALAM POERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

SITI AROPAH AR , NIM. 98474091 (2003) PERAN ORANG TUA UNTUK MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK DALAM POERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA UNTUK MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK DALAM POERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA UNTUK MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK DALAM POERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Orang tua mempunyai peran kunci dalam membina dan mengembangkan potensi yang di miliki anak. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda dengan orang lain, setiap anank mempunyai minat dan kemampuan yang tidak sama. Orang-orang yang mempunyai kecerdasan luar biasa dan orang-orang yang amat cerdas dalam bidang tertentu terkadang nyaris tidak dapat memahami bidang lain. Dalam mengukur kecerdasan IQ seseorang tidak hanya kecerdasan linguistik dan logis-matematik saja, namun kecerdasan visual spasial, musical, kinetik tubuh, interpersonal, intrapersonal dan juga kecerdasan natural juga turut menentukan kecerdasan seseorang. Dalam diri anak terkadang memiliki satu kekurangan tetapi di bidang lain mereka memiliki kelebihan, atau dengan kata lain Multiple Intelligences yang dimiliki anak tentu ada yang menonjol. Thomas mengatakan bahwa setiap anak itu cerdas, tidak ada yang bodoh yang membedakan hanyalah apakah potensi yang dimiliki anak tersebut bisa dikembangkan secara optimal. Untuk itu orang tua diharapkan memahami Multiple Intellegences anak sehingga dapat dikembangkan secara optimal sesuai dengan syariah dan tujuan pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan kajian pustaka. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifanalitik, yakni setelah data terkumpul diklarifikasikan sesuai masalah yang dibahas dan dianalisis isinya dan dibandingkan antara data yang satu dengan yang lain kemudian diinterpretasikan dan akhirnya disimpulkan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat dirarik kesimpulan bahwa Multiple Intelligensi merupakan kecerdasan yang dimiliki setiap orang dengan kadar yang berbeda. Cara yang digunakan orang tua dalam mengembangkan Multiple Intelligences anak adalah dengan terlebih dahulu mengindentifikasi kecerdasan yang dimiliki anak tersebut dengan melalui ciri yang ada dalam Multiple Ingelegences sendiri. Apabila sudah ditemukan, maka cara mengembangkan multiple Intellligences anak dapat menggunakan berbagai permainan yang konstruktif yang dapat meningkatkan imanjinasi dan kreatifitas anak. Peranan orang tua dalam mengembangkan Multiple Intelligences anak sangat besar, yaitu dengan menciptakan suasana yang dapat meningkatkan kecerdasan, bakat serta kreatifitas anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata kunci : Orang tua, Multiple Intelligences, Perspektif Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Apr 2014 11:42
Last Modified: 10 Mar 2017 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum