NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “KEAJAIBAN PADA SEMUT” KARYA HARUN YAHYA

SHUBHI ROSYAD, NIM. 10410064 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “KEAJAIBAN PADA SEMUT” KARYA HARUN YAHYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “KEAJAIBAN PADA SEMUT” KARYA HARUN YAHYA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “KEAJAIBAN PADA SEMUT” KARYA HARUN YAHYA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

Shubhi Rosyad. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku “Keajaiban Pada Semut” Karya Harun Yahya. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah Kemerosotan moral, pudarnya kejujuran, individualisme, hedonisme, langkannya toleransi, dan radikalisme. Ironis lagi, kemerosotan akhlak dilakukan oleh remaja sebagai generasi penerus dan harapan bangsa. Buku Harun Yahya ini, dalam pembahasan mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat digunakan sebagai pengayaan materi untuk menanamkan pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan induksi untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan perspektif pendidikan, karena untuk menganalisis suatu yang bernilai pendidikan akhlak yang dapat diambil hikmahnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku “Keajaiban Pada Semut” karya Harun Yahya terdapat nilai pendidikan akhlak yaitu nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, nilai pendidikan akhlak terhadap sesama, dan nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku keajaiban pada semut dengan pendidikan agama Islam. Relevansinya dengan pendidikan agama Islam mengenai guru, murid, materi, metode, dan lembaga pendidikan. Mengajarkan kepada murid untuk berakhlak kepada diri sendiri, berakhlak kepada sesama, dan berakhlak kepada lingkungan. Kemudian memberikan metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran, metode tersebut antara lain: tanya jawab, kata kunci, diskusi, pendalaman materi, praktek, kerjasama, demonstrasi, mengalami, dan menyaksikan. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Harun Yahya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. SANGKOT SIRAIT, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Harun Yahya
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2014 07:38
Last Modified: 24 Aug 2018 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum