PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP SESAMA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

SITI FATHONAH, NIM. 09410044 (2013) PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP SESAMA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP SESAMA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP SESAMA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah realita sosial terkait akhlak anak-anak remaja di Indonesia yang notabenenya berpendidikan akan tetapi perilaku keseharianya menyimpang dari norma dan aturan yang ada. Penyimpangan tersebut mengganggu kenyamanan bersama dikarenakan banyaknya perilaku tidak baik siswa terhadap temanya sendiri yang cenderung kelewat batas dan merugikan. Sehingga diperlukan sekolah atau lembaga yang memberikan pendidikan akhlak yang positif dalam pergaulan dengan teman sebayanya. Berangkat dari masalah tersebut, maka MTs Negeri Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta berusaha menjawab dan mengatasi problem tersebut dengan menerapkan pendidikan akhlak terhadap sesama siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perilaku siswa seperti apa yang sering mengganggu kenyamanan bersama, bagaimana proses penerapan pendidikan akhlak terhadap sesama siswa, bagaimanakan hasil yang dicapai dari adanya penerapan pendidikan akhlak terhadap sesama siswa, adakah faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan akhlak terhadap sesama siswa, serta bagaimana solusi untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sikap siswa terhadap temanya sendiri yang sering mengganggu kenyamanan ditunjukkan melalui perkataan maupun perbuatan. Melalui perkataan contohnya memanggil temanya dengan nama binatang, dengan perbuatan contohnya suka berkelahi dan saling melukai. 2) Penerapan pendidikan akhlak terhadap sesama siswa dilakukan dengan mengaktifkan interaksi siswa di dalam maupun di luar kelas. 3) Hasil yang dicapai adalah kasus perkelahian siswa dari hari ke hari mengalami penurunan, siswa mulai menunjukkan kesadarannya untuk selalu berakhlak yang baik dengan temanya sendiri, dan kedisiplinan siswa mulai tercipta. 3) Faktor pendukungnya adalah a) kerjasama yang baik antara guru dan karyawan, b) fasilitas cukup memadai, c) terletak pada kawasan kota santri dengan keagamaan yang kuat. Faktor penghambatnya adalah a) kondisi orang tua dan lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung, hal ini diatasi dengan mengadakan peguyuban wali murid, b) kurangnya kesadaran siswa untuk berakhlak yang baik diatasi dengan melakukan kerjasama dengan POLRES Bantul untuk memberikan pembinaan remaja secara bertahap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. SANGKOT SIRAIT, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:08
Last Modified: 24 Aug 2018 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum