PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X (E,F,G) MAN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SITI NUR TUASIKAL, NIM. 08420035 (2013) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X (E,F,G) MAN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X (E,F,G) MAN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X (E,F,G) MAN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru mata pelajaran bahasa Arab terhadap minat belajar siswa kelas X (E,F,G) di MAN YOGYAKARTA 1 serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi dalam gaya mengajar, sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar terhadap pelajaran bahasa Arab. Padahal sebenarnya pelajaran bahasa Arab merupakan syarat wajib untuk mengetahui isi AL-Qur’an, bahasa Arab sendiri mempunyai peran yang sangat penting dalam agama Islam juga untuk memahami ilmu-ilmu agama atau Syari’at yang berbahasa Arab. Dengan kata lain tingginya minat belajar siswa sangat bergantung pada variasi gaya mengajar guru. Mengacu pada permasalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh gaya mengajar guru dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap minat belajar siswa kelas X (E,F,G) di MAN YOGYAKARTA 1 Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dimana data dianalisa dengan menggunakan teknik statistik rumus korelasi “r” product moment. Metode ini digunakan unuk mencari korelasi atau hubungan antara variabel independen tunggal dan variabel dependen tunggal. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian tersebut menunjukan bahwa : (1) Gaya mengajar yang dimiliki guru bahasa Arab di kelas X (E,F,G) di MAN YOGYAKARTA 1 dikatagorikan cukup bagus, hal ini terlihat dari proses pembelajaran berdasarkan jawaban dari hasil angket yang diterima. Seorang pengajar harus mahami faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat siswa, Guru harus mampu menerapkan strategi pengajaran yang mengetahui perbedaan kemampuan siswa, sikap, latar belakang dengan begitu sebanyak apapun jumlah muridnya tidaklah masalah jika terdapat strategi variasi dalam pengajaran. (2) Lemahnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa Arab, lemahnya minat belajar siswa sangatlah fatal karena minat bukanlah pembawaan lahir melainkan merupakan pembangkitan dari rasa keingintahuan, minat muncul secara spontanitas bahkan diusahakan. Dengan kata lain kurangnya variasi gaya mengajar guru dapat menyebabkan lemahnya minat belajar siswa karena minat belajar siswa bergantung dari variasi mengajar yang dapat membangkitkan keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu yang di pelajari. Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa, Bahasa Arab,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: NURHADI, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa, Bahasa Arab,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:08
Last Modified: 03 May 2017 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum