EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN AL-QIRA’AH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS VIII DI MTs MA’ARIF 2 GRABAG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012-2013

SORAYA AMRINA ROSYADA, NIM. 08420173 (2013) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN AL-QIRA’AH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS VIII DI MTs MA’ARIF 2 GRABAG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN AL-QIRA’AH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS VIII DI MTs MA’ARIF 2 GRABAG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012-2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN AL-QIRA’AH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS VIII DI MTs MA’ARIF 2 GRABAG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012-2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Index Card Match dalam pembelajaran qira’ah dan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan hasil belajar qira’ah yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 2 Grabag Magelang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode index card match dalam pembelajaran qira’ah berlangsung dengan baik dan lancar. Proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dapat menumbuhkan minat dan antusias siswa. Hasil yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji Non Parametrik posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig 0.002 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode indexcard match dlam pembelajaran qira’ah dengan kelas yang tidak menggunakan metode index card match mempunyai perbedaan yang signifikan, sehingga metode index card match dpat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. ABDUL MUNIP, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Qira'ah, index card match
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:03
Last Modified: 03 May 2017 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum