APLIKASI METODE SIMPLEKS UNTUK MENYELESAIKAN PROGRAM KUADRAT PADA FUNGSI NONLINEAR BIAYA TOTAL (TOTAL COST) DAN PENDAPATAN (REVENUE)

IQBAL HADI PRATIKTO , NIM. 09610010 (2014) APLIKASI METODE SIMPLEKS UNTUK MENYELESAIKAN PROGRAM KUADRAT PADA FUNGSI NONLINEAR BIAYA TOTAL (TOTAL COST) DAN PENDAPATAN (REVENUE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( APLIKASI METODE SIMPLEKS UNTUK MENYELESAIKAN PROGRAM KUADRAT PADA FUNGSI NONLINEAR BIAYA TOTAL (TOTAL COST) DAN PENDAPATAN (REVENUE) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( APLIKASI METODE SIMPLEKS UNTUK MENYELESAIKAN PROGRAM KUADRAT PADA FUNGSI NONLINEAR BIAYA TOTAL (TOTAL COST) DAN PENDAPATAN (REVENUE) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teori optimasi merupakan salah satu teori pada bidang matematika terapan. Teori ini banyak diterapkan di berbagai bidang salah satunya adalah bidang ekonomi yaitu pada fungsi biaya total dan pendapatan. Permasalahan yang muncul pada program nonlinear yaitu perbedaan pendekatan di setiap metode, hal ini menyebabkan tidak ada metode khusus untuk mendapatkan solusi terbaik. Salah satu optimasi nonlinear adalah program kuadrat dengan fungsi tujuan berbentuk kuadrat dan kendalanya dapat berbentuk kuadrat ataupun linear. Karush Kuhn Tucker digunakan pada tahap linearisasi pada program kuadrat yang selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan metode simpleks. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana cara menggunakan metode simpleks dan Karush Kuhn Tucker pada program kuadrat serta penerapan pada fungsi biaya total dan pendapatan. Penelitian ini membahas tentang aplikasi metode simpleks untuk menyelesaikan program kuadrat pada fungsi nonlinear biaya total dan pendapatan. Studi kasus dilakukan pada UMKM Maju Jaya yang memproduksi dua jenis tahu. Dari biaya produksi maupun harga jual dibentuk fungsi biaya total dan pendapatan, selanjutnya dibentuk fungsi keuntungan sebagai fungsi tujuan. Tahap selanjutnya yaitu proses linearisasi terhadap fungsi tujuan dan kendala. Pada proses selanjutnya dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode simpleks hingga didapat hasil maksimal. Hasil penelitian yang dilakukan pada UMKM Maju Jaya dengan fungsi tujuan didapat dari selisih antara fungsi pendapatan dan biaya total yaitu −4

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Noor Saif Muhammad Mussafi, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kunci : Metode Simpleks, Karush Kuhn Tucker, Linearisasi, Fungsi Nonlinear
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Apr 2014 08:43
Last Modified: 20 Jan 2016 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum