PENELITIAN INDIVIDUAL MOTIVASI MAHASISWA MUSLIM ASAL THAILAND SELATAN KULIAH DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI WARUNGBOTO, GOWOK, PAPRINGAN YOGYAKARTA)

Dra. SORAYA ADNANI, M.Si, - (2013) PENELITIAN INDIVIDUAL MOTIVASI MAHASISWA MUSLIM ASAL THAILAND SELATAN KULIAH DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI WARUNGBOTO, GOWOK, PAPRINGAN YOGYAKARTA). PENELITIAN INDIVIDUAL MOTIVASI MAHASISWA MUSLIM ASAL THAILAND SELATAN KULIAH DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI KASUS DI WARUNGBOTO, GOWOK, PAPRINGAN YOGYAKARTA).

[img] Text
BOPTN-1-Soraya Adnani.docx

Download (165kB)

Abstract

----- Pokok Masalah Berdasarkan paparan diatas, maka kemudian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Motivasi mahasiswa asal Thailand Selatan untuk menempuh pendidikannya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Namun agar persoalan tidak melebar, maka peneliti sengaja membatasi persoalan dengan mengajukan berbagai pertanyaan dibawah ini: 1. Bagaimanakah sejarah masuknya agama Islam ke wilayah Thailand Selatan? 2. Apa motivasi mahasiswa muslim dari Thailand Selatan memilih melanjutkan pendidikannya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? 3. Siapa yang mendorong mereka untuk menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? 4. Apa rencana mereka setelah menyelesaikan studinya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? ----- Tujuan dan Kegunaan Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejarah Islam masuk di Thailand Selatan. 2. Untuk mengungkapkan latar belakang mahasiswa dari Thailand Selatan menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 3. Untuk mengetahui siapa yang mendorong mereka belajar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 4. Untuk mengetahui rencana mereka setelah menyelesaikan studinya dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah: a. Kegunaan akademis 1. Penelitian ini ada relevansinya dengan pengembangan bidang keilmuan penulis, yaitu Antropologi dan Sosiologi sehingga diharapkan dari hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya pada tema yang sama. 2. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi yang positip bagi akademisi, khususnya bagi peneliti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai motivasi mahasiswa muslim dari Thailand Selatan untuk belajar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. b. Kegunaan praktis • Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk lebih memahami tentang masyarakat muslim dari Thailand Selatan. • Dengan melakukan penelitian ini mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan khususnya berguna bagi peneliti sendiri.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Apr 2014 08:57
Last Modified: 06 Aug 2018 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum