KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT PLURAL STUDI TENTANG THE RURAL OF TOLERAN DI DESA SAMPETAN,KECAMATAN AMPEL, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH

Dr. H. ZAINUDIN, M.Ag, - (2013) KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT PLURAL STUDI TENTANG THE RURAL OF TOLERAN DI DESA SAMPETAN,KECAMATAN AMPEL, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH. KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT PLURAL STUDI TENTANG THE RURAL OF TOLERAN DI DESA SAMPETAN,KECAMATAN AMPEL, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH.

[img] Text
BOPTN-2- RINGKASAN Zainuddin.docx

Download (112kB)
[img] Text
BOPTN-2-Zainudin.docx

Download (122kB)

Abstract

Kerukunan umat beragama dalam masyarkat plural dapat dicermati di Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Jawa Trengah. Penelitian akan menjawab dua pertanyaan yaitu bagaimana proses terjadinya toleransi di desa Sampetan?. Apa saja pendukung dan kendala tercapainya toleransi beragama di Sampetan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan fenomena kehidupan toleransi beragama di Sampetan dengan cara wawancara dengan tokoh masyakatat dan pengamatan langsung di lapangan, Adapun teoti yang digunakan adalah kohesi sosial yang mengasumsikan bahwa masyarakat sampetan memiliki mekanisme sendiri dalam menjalin kerukunan yaitu melalui persaudaraan dan saling ketergantungan, sehingga terikat dengan kekerabatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kerukunan umat beragama di Desa Sampetan terjalin harmis toleran dengan cara melakukan upacara keagamaan seperti idul fitri, natal, waisyak, kenduri, dan tradisi lain yang tidak membedakan agama. Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Sampetan merasa tidak keberatan jika hidup membaur dengan agama lain dalam sosial keagamaan selama tidak menyangkut masalah akidah. Penelitian ini menunjukkan bahwa toleransi beragama di lakukan atas dasar kesepakan atau iktikad baik dan beragama secara dewasa, sehingga hubungan antar umat beragama bisa saling menghargai, seperti pembagian daging kurban bagi non muslim dan makam campuran.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Apr 2014 02:02
Last Modified: 06 Aug 2018 06:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item