NALAR PRO TANTO DALAM KHAZANAH ISLAM UNTUK HUBUNGAN DAMAI ANTAR AGAMA: STUDI RESPON STAKEHOLDER PONDOK PESANTREN MAHASISWA LINGKAR STUDI QUR’AN AR-RAHMAH, WIROKERTEN, BANGUNTAPAN, BANTUL

ROMA ULINNUHA, - (2013) NALAR PRO TANTO DALAM KHAZANAH ISLAM UNTUK HUBUNGAN DAMAI ANTAR AGAMA: STUDI RESPON STAKEHOLDER PONDOK PESANTREN MAHASISWA LINGKAR STUDI QUR’AN AR-RAHMAH, WIROKERTEN, BANGUNTAPAN, BANTUL. NALAR PRO TANTO DALAM KHAZANAH ISLAM UNTUK HUBUNGAN DAMAI ANTAR AGAMA: STUDI RESPON STAKEHOLDER PONDOK PESANTREN MAHASISWA LINGKAR STUDI QUR’AN AR-RAHMAH, WIROKERTEN, BANGUNTAPAN, BANTUL.

[img] Text
BOPTN-5-Roma Ulinnuha.rtf

Download (533kB)

Abstract

----- Pokok Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan urgensi perlunya mencari narasi bersama terhadap pemahaman aspek khazanah Islam untuk upaya hubungan damai antar agama, penelitian ini akan menekankan eksplorasi beberapa nalar pro tanto yang dapat diterima baik oleh kalangan moderat maupun ekstrem dalam khazanah Islam. Beberapa aspek dari respon stakeholder pondok pesantren mahasiswa LSQ ar Rohmah tersebut dapat memberikan sumbangan dukungan pada klausul damai yang relatif tidak dapat ditolak oleh argumen kalangan ekstrem. Adapun permasalahan yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah: aspek-aspek apa sajakah dalam khazanah Islam yang dapat dikategorikan termasuk dalam nalar pro tanto?, bagaimana argumen kalangan moderat tentang hubungan damai antar-agama serta bagaimana relasi nalar pro tanto dalam khazanah Islam tersebut dengan upaya damai dalam hubungan antar agama di Indonesia? ----- Tujuan dan Kegunaan Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah: - Mendapatkan nalar pro tanto dalam khazanah Islam sebagai narasi bersama di kalangan moderat dan ekstrem. - Mengetahui relasi nalar pro tanto dalam khazanah Islam dengan upaya damai dalam hubungan antar agama di Indonesia. - Mendapatkan model penerapan pendekatan ilmu sosial dalam penelitian aspek-aspek kegamaan. - Menghindari cara-cara intoleran dalam pemahaman dan penafsiran agama. - Mengupayakan justifikasi yang relevan untuk hubungan antar agama yang lebih baik. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengedepankan cara-cara median dalam membahas persoalan pemahaman dan penafsiran keagaman, melihat dewasa ini sering terjadi ketegangan mengenai pemahaman agama antara kelompok radikal/ekstrem dengan kelompok moderat bahkan kelompok liberal. Dalam hal ini, nalar pro tanto dalam khazanah Islam yang muncul dari respon para stakeholder sebagai responden penelitian akan dapat memberikan ruang justifikasi damai untuk hubungan antar agama. Di samping itu, secara teoritis penelitian ini akan memperkaya khazanah keilmuan, yakni kajian masalah keagamaan dengan menggunakan penerapan pendekatan-pendekatan filosofis-sosiologi sehingga menghasilkan kajian yang interdisipliner. Penerapan pendekatan filosofis-sosiologis memberikan ruang riset interdisipliner dengan menerapkan ilmu-ilmu sosial dalam pemecahan persoalan dan membuka peluang riset keagamaan. Dengan demikian, kajian seputar masalah keagamaan dapat berdialog dengan ilmu-ilmu sosial yang pada gilirannya mampu memberi sumbangan pikiran baru yang relevan. Hal ini mengingat persoalan keagamaan yang cukup kompleks bersinggungan dengan latar sosial, ekonomi, budaya, dan ideologi/pandangan keagamaan.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Apr 2014 02:05
Last Modified: 21 Apr 2014 02:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item