UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2012/2013

SRI HARYANI, NIM . 09480069 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (844kB)

Abstract

Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa, adat istiadat, suku, dan budaya. Bertolak dari hal tersebut, siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum mampu berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks, sehingga perlu adanya motivasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III B MI Ma’ arif Bego. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi sosiodrama. Strategi sosiodrama menuntut siswa agar dapat berbicara sesuai situasi dan konteks yang sedang dihadapi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa di MI Ma’ arif Bego, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan jurnal harian selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, strategi sosiodrama diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III B MI Ma’ arif Bego. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil belajar siswa berupa keterampilan berbicara mengalami peningkatan, yaitu dari 55,13% pada pra tindakan menjadi 58,29% pada siklus I, 73,47% pada siklus II, dan 79,29% pada siklus III. Sedangkan untuk angket motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 58,06% pada pra tindakan, 80,97% pada siklus I, 83,72% pada siklus II, dan 88,42% pada siklus III. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi sosiodrama telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan strategi sosiodrama dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa. Bagi penulis lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan startegi atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah. Kata kunci : Keterampilan berbicara, motivasi belajar, strategi sosiodrama, dan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, motivasi belajar, strategi sosiodrama, dan bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2014 00:47
Last Modified: 31 Jan 2017 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11963

Actions (login required)

View Item View Item