PENGARUH KEBIJAKAN KEWAJIBAN HADIR 75% PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2009/2010

SUDARNO, NIM. 08410227 (2013) PENGARUH KEBIJAKAN KEWAJIBAN HADIR 75% PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBIJAKAN KEWAJIBAN HADIR 75% PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2009/2010)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBIJAKAN KEWAJIBAN HADIR 75% PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2009/2010)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebijakan kewajiban hadir 75% telah lama ditetapkan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mengatasi banyaknya mahasiswa yang jarang mengikuti perkuliahan „tiba-tiba hadir‟ ketika pelaksanaan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Sejalan dengan peraturan perundangan yang berlaku, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menetapkan kebijakan tersebut, serta sanksi tidak diperkenankannya mahasiswa yang tidak memenuhi kriteria kehadiran 75% mengikuti Ujian Akhir Semester untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta khususnya. Namun kenyataan di lapangan terdapat permasalahan, diantaranya masih banyaknya mahasiswa yang tidak memenuhi kriteria kehadiran 75% dan berakibat pada Prestasi Akademik yang buruk. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan kehadiran 75% perkuliahan tersebut terhadap Prestasi Akademik mahasiswa di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun angkatan 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi yang bertujuan mengetahui pengaruh kebijakan kewajiban hadir 75% perkuliahan terhadap Prestasi Akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun angkatan 2009/2010, dilanjutkan Regresi Dummy Variabel yang bertujuan mengetahui signifikansinya dan memprediksikan prestasi yang akan diperoleh mahasiswa dalam kondisi tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Pertama, ada pengaruh kebijakan kewajiban hadir 75% perkuliahan terhadap Prestasi Akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun angkatan 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan indeks korelasi 0,31 dan angka signifikansi 0,01. Maka Hipotesis Alternatif penelitian ini diterima dan Hipotesis Nihilnya ditolak. Kedua, signifikansi pengaruh kebijakan kewajiban hadir 75% perkuliahan terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tahun angkatan 2009/2010 ditunjukkan dengan mahasiswa yang rata-rata prosentase kehadirannya lebih besar dari rata-rata prosentase kehadiran kumulatif akan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif prediksi 3.57, selisih 0,11 lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang rata-rata prosentase kehadirannya kurang dari rata-rata prosentase kehadiran kumulatif yaitu 3,46. Koefisien Determinasi menujukkan angka 0,1(10%) dan signifikansi hasil uji Anova adalah 0,01, maka model dan variabel yang digunakan merupakan model dan variabel yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. MUJAHID, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kehadiran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2014 07:47
Last Modified: 24 Aug 2018 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum