PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KEBONAGUNG IMOGIRI

SUGIANTINI, NIM. 09480091 (2013) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KEBONAGUNG IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KEBONAGUNG IMOGIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KEBONAGUNG IMOGIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar Matematika kelas IV MIN Kebonagung Imogiri. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Quasi eksperiment. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu tes hasil belajar, wawancara (Interview), dokumentasi, dan observasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu uji instrumen berupa validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Tahapan kedua yaitu pengujian hasil data penelitian; uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil validasi soal berupa uraian bilangan pecahan yang digunakan telah sesuai dengan standar isi yang telah ditetapkan. Dilihat dari segi reliabilitas soal, termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi di kelas IV MIN Kebonagung ini dengan skor 0.8247. Dilihat dari tingkat kesukaran soal termasuk soal dengan tingkat sedang (tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sukar). Dilihat dari daya pembeda soal di kelas IV termasuk dalam kategori baik. Hasil uji normalitas dengan Chi Square dapat dikatakan bahwa data di kelas IV terdistribusi normal, baik pada saat pretes maupun postesnya. Uji homogenitas memperoleh data bahwa kondisi kelas IV homogen karena hasil data pada saat pretes memperoleh Probability (p) 0.413 atau p ≥ 0.05 dan pada saat postes diperoleh Probability (p) 0.108 atau p ≥ 0.05. Untuk uji hipotesis dengan uji t diperoleh data bahwa saat pretes tidak ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah diberi perlakuan dengan pemberian PR diperoleh data di kelas eksperimen ada peningkatan rata-rata sebesar 3.1618 dan di kelas kontrol hanya mengalami peningkatan 1.4522. Hal ini membuktikan bahwa HO ditolak, artinya terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diberikan PR dibanding peserta didik yang tidak diberikan PR. Kata Kunci : Pekerjaan Rumah, Prestasi Belajar Matematik, Metode Quasi eksperiment

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pekerjaan Rumah, Prestasi Belajar Matematik, Metode Quasi eksperiment
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:03
Last Modified: 31 Jan 2017 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item