PENANAMAN NILAI KEJUJURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI DUSUN KLODRAN KAYUMAS JATINOM KLATEN

TRI SUYANTI, NIM. 09410050 (2013) PENANAMAN NILAI KEJUJURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI DUSUN KLODRAN KAYUMAS JATINOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI KEJUJURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI DUSUN KLODRAN KAYUMAS JATINOM KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI KEJUJURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI DUSUN KLODRAN KAYUMAS JATINOM KLATEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kejujuran merupakan salah satu akhlak yang sangat mulia dan harus ditanamkan sejak kecil, karena kejujuran adalah sumber dari kebaikan-kebaikan yang lain. Orang tua sangatlah berperan dalam penanaman kejujuran anak sejak dini. Namun masih terlihat ada anak yang belum berperilaku dan berkata dengan jujur dalam kesehariannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai kejujuran yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, dan implikasi terhadap interaksi sosial anak dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penanaman nilai kejujuran yang dilakukan oleh orang tua di Dusun Klodran Kayumas Jatinom Klaten dan implikasinya terhadap interaksi sosial anak dengan teman sebaya di lingkungan sekitar. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Dusun Klodran Kayumas Jatinom Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan dan membuang data yang tidak diperlukan, selanjutnya data yang ada disajikan dalam bentuk uraian naratif, dan dari uraian tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penanaman nilai kejujuran yang dilakukan oleh orang tua di Dusun Klodran Kayumas Jatinom Klaten dilakukan tanpa perencanaan/disengaja, tetapi karena adanya suatu peristiwa/kejadian. Cara dan metode yang digunakan untuk menanamkan nilai kejujuran kepada anak meliputi: nasehat, keteladanan dan pembiasaan, serta hukuman dan pujian., (2) Implikasi penanaman nilai kejujuran orang tua terhadap interaksi sosial dengan teman sebaya anak dapat dilihat melalui kegiatan bermain anak. Anak dalam bermain dengan teman juga membawa hasil penanaman yang dilakukan oleh orang tua, ada yang masih curang, berkata kasar, maupun suka berbohong. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa penanaman kejujuran yang dilakukan oleh orang tua kurang tertanam dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. USMAN, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: nilai kejujuran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:03
Last Modified: 24 Aug 2018 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum