PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK JALANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro)

TURAH ASIH LESTARI, NIM. 10410158 (2013) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK JALANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK JALANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK JALANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (908kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah: kegelisahan peneliti terhadap merosotnya moral anak bangsa terutama yang mempunyai kesempatan untuk menerima pendidikan sekolah apalagi yang tidak memiliki kesempatan mengenyam bangku sekolah. Dalam hal ini pendidikan karakter perrlu ditanamkan kepada anak jalanan baik yang mendapatkan kesempatan sekolah maupun yang tidak. Dengan ditanamkannya pendidikan karakter diharapkan mampu membantu anak jalanan untuk tidak melakukan hal-hal yang tercela seperti mencuri, mencopet dan lain sebagainya. Dalam hal ini Ruman Singgah dan Belajar Diponegoro berusaha menanamkan beberapa karakter positif kepada anak jalanan yang menjadi binaan RSB Diponegoro meskipun belum sepenuhnya karakter yang baik menjadi kepribadian anak jalanan binaan RSB Diponegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pendidikan karakter bagi anak jalanan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter bagi anak jalanan, dan upaya yang dilakukan pengurus untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa ada rencana tertulis tentang karakter yang akan ditanamkan. Dari proses tersebut ada beberapa nilai-nilai karakter yang ditanamkan diantaranya adalah religius, tanggug jawab, kedisiplinan, mandiri, kejujuran. (2) Upaya yang dilakukan pengurus atau pembimbing dalam menanamkan karakter adalah melalui bimbingan belajar yang dilaksanakan seminggu sekali untuk anak jalanan out house sedangkan untuk anak jalanan in house pengurus atau pendamping memberikan jadwal harian mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. (3) implikasi pendidikan karakter terhadap PAI adalah terdapat dua cara untuk bisa mendidik siswa dalam pembelajaran PAI yakni dengan menggunakan strategi writing in the here and now dan dengan cara learn from your experience.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. MUQOWIM, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, anak jalanan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:03
Last Modified: 24 Aug 2018 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum