USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

TYAS AKBAR GUMILAR, NIM. 09410097 (2013) USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

TYAS AKBAR GUMILAR. Usaha Guru dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa melalui Pendekatan Multiple Intelligences Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan . Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya siswa yang dididik di sekolah Islam memiliki tingkat religiusitas yang lebih baik dibandingkan dengan siswa di sekolah umum. Namun kenyataanya siswa yang dididik di sekolah-sekolah Islam cenderung sulit diatur meskipun secara intelegensi memiliki prestasi yang baik. Hal ini tidak terlepas dari intensitas pertemuan yang dilakukan antara siswa dengan orang tuanya yang berakibat kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Ada pendekatan khusus yang diterapkan oleh guru PAI di SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa. Pendekatan ini berupa pendekatan multiple intelligences. Penelitian ini bertolak pada pertanyaan: Bagaimana usaha guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui pendekatan multiple intelligences siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam Yogyakarta? Pendekatan multiple intelligences adalah sebuah pendekatan yang didasari dari berbagai aspek kecerdasan siswa dalam mengidentifikasi kecerdasan manusia. Menurut Munif Chatib dalam bukunya Sekolahnya Manusia, multiple intelligences adalah strategi pembelajaran berupa rangkaian aktivitas belajar yang merujuk pada indicator hasil belajar yang sudah ditentukan silabus.2 Sehingga dalam penelitian ini akan mencoba mengetahui hasil usaha guru dan kendala dalam meningkatkan religiusitas melalui pendekatan multiple intelligences siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Alam Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik trinangulasi data. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah (1) Usaha guru PAI dalam melakukan pembelajaran baik dari RPP, proses pembelajaran dalam kelas dan kegiatan diluar kelas dilakukan menggunakan pendekatan multiple intelligences (2) Hasil usaha guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam dilakukan secara variatif dan mampu menumbuhkan kebiasaan problem solving dan kebiasaan kreatif. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan religiusitas siswa lebih kepada belum dipahaminya paradigm sekolah alam tentang multiple intelligences.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dra. Hj. SUSILANINGSIH, MA
Uncontrolled Keywords: RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:03
Last Modified: 24 Aug 2018 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum