PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL

UNDHAN PUTRI FEBRIANDARI, NIM. 09470074 (2013) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi hasil belajar siswa MAN Wonosari Gunungkidul. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua tersebut terhadap prestasi hasil belajar siswa dan pebedaan prestasi hasil belajar yang diraih siswa yang diasuh secara demokratis dan otoriter. Penelitian dilaksanakan di MAN Wonosari Gunungkidul dengan sampel sebanyak 65 orang yang diambil dari jumlah siswa kelas X dan XI yaitu 343 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik simple random sampling dengan mengacu pada random table. Independen variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah pola asuh orang tua (X). Sedangkan dipenden variabelnya adalah nilai prestasi hasil belajar yang diambil dari nilai rata-rata UTS siswa (Y). Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, statistik diskriptif yang berfungsi untuk mengetahui distribusi frekuensi hasil temuan data dari lapangan. Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi hasil belajar siswa digunakan model analisis regresi dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil korelasi dan analisa regresi menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua dalam mendidik anaknya hanya mempengaruhi prestasi hasil bejajar siswa pada level rendah yakni sebesar 11%. Namun keduanya memiliki hubungan yang signifikan karena nilai signifikan sebesar 0.007 lebih kecil dari 0.05 pada tingkat kepercayaan 95%. Selain itu terdapat perbedaan prestasi hasil belajar siswa yang diasuh secara otoriter dan demokratis. Perbedaan tersebut terdapat pada perubahan prestasi hasil belajar siswa. Dimana akan ada peningkatan prestasi sebesar 7% jika siswa diasuh secara otoriter dibandingkan siswa yang diasuh secara demokratis hal tersebut berdasarkan hasil intepretasi dari persamaan analisa regresi yaitu Y= 0.776+0.066x. Kata Kunci : pola asuh otoriter, pola asuh demokratik, prestasi akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. RINDUAN ZAIN, M.A.
Uncontrolled Keywords: pola asuh otoriter, pola asuh demokratik, prestasi akademik
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:03
Last Modified: 24 Aug 2018 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum