IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN GUNA MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN SLEMAN

WAHYUWIJAYANTA, NIM. 09410135 (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN GUNA MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN GUNA MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN GUNA MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (969kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari keprihatinan penulis tentang kualitas sumber daya manusia Indonesia saat ini. Dimana kurangnya karakter religius yang mereka miliki, serta untuk mencari tahu sejauhmana penerapan metode pembiasaan untuk menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis penerapan metode pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan masukan dan menyempurnakan pelaksanaan metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Kalasan Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data, yakni dengan membandingkan hasil dari ketiga metode di atas untuk satu data yang semacam. Analisis data peneliti menggunakan teori dari Matthew Miles dan Michael Huberman dengan langkah pertama reduksi data, kemudian penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) bentuk implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa yang diterapkan di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman yakni berupa pembiasaan shalat, tadarus Al qur’an, sodaqoh dan infaq, budaya 3S (salam, senyum dan sapa), do’a sehari-hari, toleransi, dan menjaga kebersihan lingkungan. (2) Faktor yang menghambat dalam proses pembiasaan di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman antara lain; faktor sarana dan prasarana, teman sebaya, perbedaan individu, kemampuan membaca Al qur’an, dan latar belakang keluarga. (3) Solusi yang diupayakan untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain; peluasaan lingkungan masjid, pendekatan secara personal terhadap setiap siswa, pelatihan membaca Al qur’an, memasukkan hasil pembiasaan sebagai bagian dalam penentuan nilai akhir semester, dan meningkatkan hubungan antara pihak sekolah dengan orang tua atau wali siswa. Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Karakter Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:03
Last Modified: 24 Aug 2018 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum