KOMPETENSI SOSIAL GURU SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III B DI MIN PAJANGAN BANTUL

WULANDARI, NIM. 09480075 (2013) KOMPETENSI SOSIAL GURU SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III B DI MIN PAJANGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III B DI MIN PAJANGAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III B DI MIN PAJANGAN BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (456kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, diperlukan kemampuan komunikasi guru yang mampu mendorong serta mengarahkan siswa pada pembelajaran, merangsang siswa untuk berinteraksi, mengajak dan mempengaruhi siswa, sehingga motivasi belajar muncul dalam diri siswa dan dapat meningkatkan keinginan serta mengembangkan kegiatan belajar. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan guru Seni Budaya dan Keterampilan kelas III B memiliki kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi sosial guru Seni Budaya dan Keterampilan kelas III B, motivasi belajar siswa kelas III B MIN Pajangan Bantul dan upaya yang dilakukan oleh guru beserta pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Seni Budaya dan Keterampilan kelas III B. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Pajangan Bantul dengan subyek penelitian guru Seni Budaya san Keterampilan kelas IIIB, siswa kelas III B, guru dan karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kompetensi sosial guru Seni Budaya dan Keterampilan sudah cukup baik walaupun belum maksimal. 2). Pemberian motivasi guru Seni Budaya dan Keterampilan kelas III B dengan berbagi cara yakni dengan memberi angka, hadiah, saingan atau kompetisi, Ego-involvement, memberikan ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, minat dan tujuan yang diakui. 3). Upaya yang dilakukan guru Seni Budaya dan Keterampilan kelas III B dalam meningkatkan kompetensi sosial mengembangkan kecerdasan sosial, mengikuti pelatihan berkaitan kompetensi sosial, beradaptasi ditempat tugas, kesadaran diri sebagai seorang pendidik memperhatikan keberhasilan pendidik, terlaksana kegiatan madarsah melibatkan guru dan peserta didik, terlaksana kerjasama dari pihak madarasah dengan orang tua/wali peserta didik memberikan pengawasan dan kontrol peserta didik, kerjasama antara pihak madrasah dengan komite. Kata kunci: Kompetensi sosial, komunikasi, guru, motivasi, belajar, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Drs. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi sosial, komunikasi, guru, motivasi, belajar, siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:03
Last Modified: 01 Feb 2017 02:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item