MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

ENTIN SUHARTINI, NIM. 98413837 (2002) MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I. IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi, dan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Selain itu, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan data meggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan metode tes. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi keagamaan ingin beribadah kepada Allah dan mencari ridla-Nya (100%), ingin menjaga kemurnian al-Qur’an (90,91%), ingin mengikuti sunnah Nabi (90,91%), ingin keselamatan dunia akherat (90,91%), ingin mengajar/menyebarkan ajaran Islam (90,91%), ingin mendapat syafaat di hari pembalasan (84,85%), mengangkat martabat keluarga (3,03%), agar mudah sekolah ke luar negeri (3,03%), dan dorongan orang tua (3,03%). Faktor internal yang mendukung prestasi belajar bidang studi al-Qur’an adalah keinginan dari diri sendiri, yang mempermudah dan memperlancar hafalan dan dalam memahami isi kandungan al-Qur’an. Faktor eksternal adalah guru, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat. Faktor-faktor yang menghambat prestasi belajar siswa adalah timbulnya rasa malas dari dalam diri siswa, dan dari pihak guru yang jarang memberikan evaluasi atau ulangan perbab. Kata kunci: motivasi, prestasi belajar, studi al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi, prestasi belajar, studi al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 09:07
Last Modified: 01 Sep 2016 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum