PENGAJARAN BAHASA ARAB RESEPTIF DI MTs MA’ARIF DAWUNG MAGELANG (TINJAUAN METODOLOGI PEGAJARAN BAHASA ASING)

ENY RAHMAWATI, NIM. 97423528 (2003) PENGAJARAN BAHASA ARAB RESEPTIF DI MTs MA’ARIF DAWUNG MAGELANG (TINJAUAN METODOLOGI PEGAJARAN BAHASA ASING). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB RESEPTIF DI MTs MA’ARIF DAWUNG MAGELANG (TINJAUAN METODOLOGI PEGAJARAN BAHASA ASING))
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB RESEPTIF DI MTs MA’ARIF DAWUNG MAGELANG (TINJAUAN METODOLOGI PEGAJARAN BAHASA ASING))
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pelaksanaan pengajaran bahasa Arab reseptif di MTs Ma’arif Dawung Magelang dalam tinjauan metodologi pengajaran bahasa asing. Selain itu, untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa kelas I dalam pelajaran bahasa Arab, khususnya penguasaan bahasa Arab reseptif (menyimak da membaca). Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, staf, dan para siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, agket, dan tes. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses penerapan pengajaran menyimak kelas I MTs Ma’arif meliputi: tahap mendengar, memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan menanggapi pembicaraan. Adapun proses pembelajaran mencakup dua hal, yaitu: mengenali simbul-simbul tertulis dan memahami isinya. Metode yang disukai para siswa yaitu: metode langsung, meniru dan menghapal, mendengar dan menerapkan. Dalam mata pelajaran membaca para siswa lebih menyukai metode membaca dari pada lisan. Kemampuan siswa dalam menyimak dan membaca materi bahasa Arab mencapai nilai 7. Nilai rata-rata materi bahasa Arab dalam raport mencapai 6,5. Dalam mengikuti pelajaran bahasa represif, para siswa dapat menirukan dan melafalkan dengan baik, namun mengalami kesulitan untuk menguasai simbol tulisan Arab, serta untuk mengetahui kedudukan kata atau kalimat yang ditunjukkan pada akhir huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bahasa Arab, pengajaran, reseptif, metodologi,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Apr 2014 02:09
Last Modified: 30 Mar 2017 02:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item