UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs N GALUR KULON PROGO

ZAINI WAFA, NIM.09420059 (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs N GALUR KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs N GALUR KULON PROGO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs N GALUR KULON PROGO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya motivasi belajar bahasa Arab siswa di MTs N Galur Kulon Progo. Idealnya, dalam pembelajaran bahasa Arab siswa mempunyai motivasi yang tinggi baik motivasi intrinsic maupun ekstrinsik sehingga proses belajar mengajar bahasa Arab dapat berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa dan mengetahui hasil yang dicapai guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan untuk memahami fenomena yang terjadi di MTs N Galur Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab diantaranya: memberikan ceramah dalam membentuk kesadaran pada siswa tentang pentingnya belajar bahasa Arab, memilih metode yang sesuai dengan kondisi siswa, menyederhanakan meteri yang sulit atau banyak, menciptakan lingkungan belajar yang konduktif, memberi nilai, hukuman dan evaluasi (2) hasil yang dicapai oleh guru bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab belum maksimal. Hal tersebut diketahui berdasarkan wawancara dan observasi dengan deskripsi sebagi berikut. a) Sebagian siswa kurang memperhatikan guru. b) Suasana kelas kurang konduktif c) Antusiasme bertanya siswa masih rendah d) Tidak seratus persen siswa mengerjakan tugas rumah (PR)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, belajar, bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2014 07:53
Last Modified: 03 May 2017 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum