INTERAKSI ANTARA GURU KELAS IV DENGAN WALI MURID SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL (Studi Kasus pada Siswa Bermasalah)

ZAINUL ANWAR, NIM. 09480111 (2013) INTERAKSI ANTARA GURU KELAS IV DENGAN WALI MURID SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL (Studi Kasus pada Siswa Bermasalah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI ANTARA GURU KELAS IV DENGAN WALI MURID SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL (Studi Kasus pada Siswa Bermasalah))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI ANTARA GURU KELAS IV DENGAN WALI MURID SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL (Studi Kasus pada Siswa Bermasalah))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (754kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai belajar anak di sekolah tidak lepas dari masalah-masalah anak baik di sekolah maupun di rumah yang mengakibatkan terganggunya belajar sehingga dapat menyebabkan kesulitan belajar anak oleh karenanya agar masalah-masalah yang timbul dari sekolah atau dari rumah yang mengakibatkan kesulitan belajar anak dapat di ketahui kemudian dapat diatasi maka perlu adanya interaksi antara guru kelas dengan wali murid sebagai upaya mengatasi kesulitan belajara anak. Yang menjadi permasalahan dalam dalam penelitian ini adalah: Apa bentuk-bentuk interaksi yang di lakukan oleh guru kelas IV dengan wali murid sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar anak di MIN Kebonagung Imogiri Bantul dan apakah setelah adanya interaksi antara guru kelas dengan wali murid aapa ada upaya-upaya yang dilakukan oleh guru kelas IV dan wali murid serta apa faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara struktur, dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan menyimpulkan. Metode keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data, yaitu dengan membandingkan hasil data dengan informan lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk interaksi antara guru kelas dengan wali murid sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar di kelas IV MIN kebonagung Imogiri Bantul, diantaranya : (a) Konsultasi langsung antara guru kelas dengan wali murid meliputi; kunjungan guru kelas ke rumah wali murid, kunjungan wali murid ke sekolahan, penerimaan raport. (b) Konsultasi tidak langsung antara guru kelas dengan wali murid meliputi; konsultasi dengan mengunakan Via telepon dan Via SMS. (2) Setelah adanya interaksi antara guru kelas dengan wali murid maka ada upaya-upaya yang dilakukan oleh guru kelas dan wali murid dibuktikan dengan adanya orang tua siswa sering berinteraksi dengan guru kelas masalah-masalah pada anak akan diketahui seperti ketika anak mendapatkan tugas tidak mengerjakanya karena tidak paham atas maksud dari guru kelas dalam memberikan tugas maka orang tua melakukan interaksi sehingga orang tua dapat memberikan pengarahan terhadap anak berdasarkan keterangan yang didapatkan dari guru kelas. (3) Faktor pendukung dari guru kelas dan wali murid adalah adanya upaya –upaya yang dilakukan agar anak tetap belajar, Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kesibukan-kesibukan lain dari guru kelas dan dari wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Drs. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: interaksi, guru, murid
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Apr 2014 00:46
Last Modified: 01 Feb 2017 03:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11992

Actions (login required)

View Item View Item