KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

KARSANA, NIM. 9947.4137 (2003) KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I. IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini akan menyelesaikan sehuah persoalan hagaimana konsep pendidikan jasmani dalam pendidikan Islam. Penelitian ini hersifat library reseach dengan menggunakan pendekatan filosofis dan pendidikan dengan metode analisis deskriptif. Maka dari metode ini diharapkan mendapat tujuan yang dikehendaki. Dari basil penelitian dinyatakan hahwa, konsep pendidikan jasmani merupakan kerangka konseptual yang berisi ide, gamharan, pengertian, serta pemikiran tentang jasmani manusia. Jasmani adalah jasad-tuhuh yang herarti organ-organ tuhuh manusia yang terdiri dari susunan, sistem, dan sel tuhuh yang memhentuk satu kesatuan dan mekanisme kerja. Kerja tuhuh itulah yang disehut sehagai aktivitas jasmani. Aktivitas jasmani herupa aktivitas ihadah ritual seperti sholat, puasa, haji, mandi dan wudhu' sehagai kunci pokok aktivitas ihadah Islam. Aktivitas ihadah ini mengandung manfaat dan keuntungan hagi tuhuh-fisik manusia. Dengan melakukan gerak tersehut organ-organ tuhuh dapat hekerja dengan haik serta dapat beristirahat. Tuhuh manusia pada dasamya memiliki daya tahan yang sangat terhatas, tepatlah hahwa "manusia diciptakan oleh Allah SWT hersifat lemah". Oleh karena itu untuk menutupi kelemahan tersehut tuhuh manusia memhutuhkan gizi dan spritual untuk memperkuatnya. Kehutuhan tersehut dapat berupa makan dan minum, kebersihan tuhuh, mengohati penyakit, olahraga dan pennainan, huhungan sexual yang sehat, hekerja dan istirahat, dan seni dan hihuran dalam setiap aktivitas. Kehutuhan inilah yang hersifat fitrah yang hams ada dalam diri manusia. Kehutuhan tersehut tidak hanya bersifat materi helaka, tetapi ajaran Islam memherikan penjelasan serta efek pemenuhuan kehutuhan tersehut. Pendidikan jasmani merupakan sehuah konstruksi aktivitas jasmani yang terarah, sistematis, dan sistemik untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan jasmani pada dasamya bertujuan untuk memperkuat tuhuh agar memperoleh kesehatan. Dengan kesehatan itulah ihadah dapat dilaksanakan dengan khusyu' dan haik hila dihandingkan dengan kondisi sakit. Pendidikan jasmani dalam Islam menempatkan posisi hagian hak manusia, sehah pendidikan jasmani merupakan suatu simhiosisme dengan pendidikan moral (akhlak) dan spiritual (emosi). Pendidikan moral dan spiritual tidak akan menemukan puncaknya hila tidak didukung dengan pendidikan jasmani. Sehah pendidikan jasmani merupakan sarana yang kuat dalam mempengaruhi tingkah laku, etika, moral serta amal sholeh yang diwujudkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 10:01
Last Modified: 09 Mar 2017 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum