NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DAN AYYUHAL WALAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ZENI MUFIDA, NIM. 09410284 (2013) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DAN AYYUHAL WALAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DAN AYYUHAL WALAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DAN AYYUHAL WALAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan menjadikan manusia yang petensial secara intelektual semata melalui transfer of knowledge yang kental, tetapi proses tersebut bermuara pada upaya pembentukan watak. Pada kenyataannya pendidikan hanya menjadikan para peserta didik menjadi manusia yang berpengetahuan tanpa di imbangi dengan akhlak dan kepribadian yang baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai Pendidikan Karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad serta Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang ada dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad dan Untuk mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter terhadap kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad dalam Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi untuk mempermudah memahami pendidikan karakter serta dijadikan bahan acuan bagi penelitian-penelitian yang relevan yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil objek yaitu kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter serta relevansinya dengan pendidikan Agama islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan analisis data Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content analisis). Analisis ini digunakan untuk mengungkapkan kandungan nilai-nilai tertentu dalam sebuah buku dengan memperhatikan pada konteks. Sumber data primer berupa kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad sumber sekunder terjemah kitab kitab Ta’limul Muta’aliim dan Ayyuhal Walad ,buku, skripsi Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab antara lain antara lain Religious, Disiplin, Kerja Keras, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar membaca, Tanggungjawab, Jujur, Toleransi, Kerja Keras, Mandiri, Peduli sosial. Relevansi nilai pendidikan karakter dengan Pendidikan Agama Islam sangat relevan, baik tujuan, materi, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, ta'lim muata'alim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Apr 2014 07:46
Last Modified: 07 Aug 2018 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum