KONSEP PROFESIONALITAS GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

MUH. RIDWAN , NIM. 97473649 (2003) KONSEP PROFESIONALITAS GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PROFESIONALITAS GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PROFESIONALITAS GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik sangat diperlukan mengingat besarnya pengaruh guru terhadap perkembangan anak dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan. Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa guru merupakan landasan yang penting dalam menentukan keberhasila tujuan pendidik. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi professional yang matang. Kenyataan saat ini banyak ditemukan guru yang jauh dari standar yang ditentukan. Apabila guru/pendidik Islam tidak mempunyai kompetensi professional dan kepribadian yang baik, maka akan menjadi runyam. Sebab dalam dunia pendidikan Islam aspek pendidikan lebih dititik beratkan. Dari latar belakang masalah tersebut, peneliti ingin meneliti konsep profesionalitas guru dalam prespektif pendidikan Islam dan cara dalam menumbuhkan sikap profesionalitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research yang difokuskan dan diperoleh pada penelusuran dan penelaah literatur serta bahan pustaka lainnya. Dalam penelitian ini ada dua sumber yang dijadikan landasan yaitu sumber data primer dan sekunder. Langkahlangkah yang ditempuh dalam pengolahann data adalah deskriptif, interpretatif, analitis, dan pengambilan kesimpulan berbentuk tulisan dan catatan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini ialah (1) konsep profesionalitas guru dalam perspektif pendidikan Islam berdasarkan pada kriteria guru sebagai pengabdian dan keahlian yaitu guru memiliki kompetensi personal-religius dan professional-religius. (2) profesionalitas guru mempunyai makna ahli, tanggung jawab dan kesejawatan. Ahli artinya ahli dalam bidang pengetahuan yang diajarkan dan ahli dalam tugas mendidik, tanggung jawab adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri, siswa, orang tua lingkungan sekelilingnya, bangsa dan negara, sedangkan kesejawatan bentuk wujud kebersamaan mengangkat citra guru dan kebersamaan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. (3) dalam menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesionalisme keguruan dapat dilakukan kegiatan upgrading atau penataran, workshop atau lokakarya, kuliah study group dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 10:25
Last Modified: 09 Mar 2017 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum