PENGARUH TAYANGAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA SMA NEGERI 1 TEMON)

ANGGA FEBIYANTO, NIM. 10220023 (2014) PENGARUH TAYANGAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA SMA NEGERI 1 TEMON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TAYANGAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA SMA NEGERI 1 TEMON))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TAYANGAN FILM SANG PEMIMPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA SMA NEGERI 1 TEMON))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengukuran pengaruh yang ditimbulkan dari tayangan film Sang Pemimpi, yang bercerita tentang perjuangan tiga orang anak untuk menuntut ilmu sampai luar Negeri dengan berbagai halangan dan rintangan, terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Temon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Tanpa menggunakan kelas kontrol dengan alasan bahwa 30 subjek dalam penelitian ini memiliki kriteria tertentu sesuai kebutuhan penelitian ini, yaitu subjek yang memiliki motivasi belajar rendah. Sedangkan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design, yaitu desain penelitian dengan mengadakan pretest dan posttest setelah perlakuan pada satu kelas eksperimen. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah tayangan film Sang Pemimpi dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisa data dengan metode paired samples t-test, diperoleh nilai mean 108.43 untuk pretest dan 122.33 untuk posttest. Peningkatan nilai mean tersebut menunjukan adanya pengaruh antara tayangan film Sang Pemimpi terhapad motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Temon. Selain itu juga diperoleh signifikansi sebesar 0.000 (p<0.001) dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara tayangan film Sang Pemimpi terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 temon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : (1) Tayangan film Sang Pemimpi, (2) Motivasi Belajar.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:45
Last Modified: 08 Sep 2021 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum