PENGARUH INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS, LABA KOTOR, SIZE PERUSAHAAN, NILAI BUKU PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2011

NURUL HIDAYATI , NIM. 08390014 (2014) PENGARUH INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS, LABA KOTOR, SIZE PERUSAHAAN, NILAI BUKU PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS, LABA KOTOR, SIZE PERUSAHAAN, NILAI BUKU PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2011 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS, LABA KOTOR, SIZE PERUSAHAAN, NILAI BUKU PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2011 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keputusan investasi dalam suatu aset membutuhkan analisis dan pemahaman terhadap informasi sehingga keputusan investasi tersebut dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi investor. Salah satu informasi yang diharapkan mampu memberi bantuan kepada pemakai dalam membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial adalah laporan keuangan. Komponen arus kas, laba kotor, size perusahaan dan nilai buku adalah informasi akuntansi dalam laporan keuangan yang dapat dijadikan sebagai pengukur kinerja saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai dari masing-masing komponen arus kas, laba kotor, size perusahaan dan nilai buku terhadap return pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah periode 2008-2011 dengan sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 37 perusahaan. Daftar Efek Syariah merupakan kumpulan efek yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal yang ditetapkan oleh BAPEPAM dan LK atau pihak lain yang diakui oleh BAPEPAM dan LK. Pengkriteriaan saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah sesuai dengan tuntunan agama Islam. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, yaitu dengan menganalisis variabel-variabel independen, dalam model ini sebagai X, dalam mempengaruhi variabel dependen yaitu sebagai Y. Akan tetapi sebelum masuk ke model analisis, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik, yang mana apabila dengan uji asumsi klasik bisa lolos, maka model dapat digunakan sebagai alat analisis, akan tetapi bila tidak lolos maka model tidak dapat digunakan untuk menganalisis. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial laba kotor berpengaruh negatif terhadap return saham dan nilai buku (PBV) perusahaan berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap return saham. Secara bersama-sama, variabel independen yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibnu Qizam, SE, M. Si, Akt.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: arus kas, laba kotor, size, nilai buku (PBV), return saham.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:49
Last Modified: 27 Sep 2016 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum