SANKSI PIDANA PEMBUNUHAN OLEH ANAK PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN PN KEBUMEN NO.88 TAHUN 2012)

ROJIKIN , NIM. 10370005 (2014) SANKSI PIDANA PEMBUNUHAN OLEH ANAK PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN PN KEBUMEN NO.88 TAHUN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SANKSI PIDANA PEMBUNUHAN OLEH ANAK PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN PN KEBUMEN NO.88 TAHUN 2012))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SANKSI PIDANA PEMBUNUHAN OLEH ANAK PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN PN KEBUMEN NO.88 TAHUN 2012))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)

Abstract

Dewasa ini kasus kejahatan yang banyak menyita perhatian publik adalah kejahatan yang melibatkan anak-anak, baik sebagai pelaku ataupun sebagai korban. Salah satu kasus kejahatan yang dilakukan anak adalah kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Ahmad Muhanif (14 tahun) terhadap Windi Astuti (14 tahun) yang disidangkangkan di Pengadilan Negeri Kebumen No.88/Pid.Sus/2012. Dalam menjatuhkan putusan terhadap anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan, hakim harus mempunyai pertimbangan dan keyakinan terhadap bukti bukti yang diajukan dan yakin bahwa tindak pidana tersebut benar benar telah dilakukan terdakwa. Selain itu seorang hakim dalam memutuskan putusan juga harus mempertimbangkan hal-hal yang meringankan ataupun yang memberatkan terdakwa. Mengingat disisi lain kondisi kejiwaan seorang anak yang masih labil. Berangkat dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang penyusun ajukan adalah pertimbangan dan dasar hukum apa yang digunakan oleh hakim dalam memutus perkara pembunuhan oleh anak dan bagaimana pandangan hukum pidana Islam dalam memberikan sanksi terhadap anak yang melakukan tindak pembunuhan ? Penelitian ini merupakan penelitian (library research) bersifat deskriptif analitik, dengan menggunakan pendekatan normatif yuridis, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara (interview) dan data kepustakaan menelusuri dan mempelajari berkas-berkas berita acara persidangan (BAP) proses persidangan tentang pembunuhan oleh anak, pada analisis penyusun menggunakan data kualitatif. Hasil dari penelitian yang penyusun lakukan dapat diketahui Pertama, hakim menjatuhkan pidana terhadap pelaku yang berupa penjara selama delapan (8 tahun) tahun dengan pertimbangan Diharuskan pula seorang hakim sebelum menjatuhkan putusan agar mempertimbangkan halhal yang meringankan dan serta hal-hal yang memberatkan terdakwa. yang digunakan oleh hakim dalam menjatuhkan putusan perkara tersebut diantaranya, hakim telah mendengar dari keterangan para saksi, terdakwa dan meneliti barang bukti yang diajukan didalam persidangan, selanjutnya pertimbangan-pertimbangan yuridis diantaranya adalah pembuktian unsur – unsur dalam pasal 340 KUHP dengan mengaitkan dasar hukum pasal 26 ayat (1) UU No 3 tahun 1997 tentang pengadilan anak Kedua, ketentuan batas usia anak dapat dikenakan pembebanan hukuman dalam hukum islam adalah batas usia anak mencapai masa dewasa dan berfikir penuh yaitu pada umur 15-18 tahun. Pembunuhan oleh anak dibawah umur dalam kasus ini pelaku masih berusia 14 tahun sehingga tidak dihukumi kisas melainkan takzir ta’d biyaitu takzir yang bersifat mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. OCKTOBERRINSYAH,M.AG
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:52
Last Modified: 04 May 2016 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum