PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DALAM PENGAJARAN BAHSA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING

MUKHLIS, NIM.: 98423928 (2003) PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DALAM PENGAJARAN BAHSA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DALAM PENGAJARAN BAHSA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING)
BAB I. V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DALAM PENGAJARAN BAHSA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan accelerated learning merupakan suatu pendekatan yang memperhatikan aspek kejiwaan siswa yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan yang mengesankan, dengan upaya yang normal dan dibarengi “kegembiraan”. Dengan memperhatikan segala aspek yang melekat pada diri individu/siswa, metode accelerated learning telah memberikan hasil yang mengesankan dalam dunia pendidikan. Penerapan metode accelerated learning dalam pengajaran bahasa Arab diharapkan siswa dapat berkomunikasi dengan baik dan merubah image mengenai bahsa Arab sebagai bahasa yang sulit dipelajari. Dari latar belakang yang dijelaskan diatas, penulis ingin menerangkan penerapan accelerated learning dalam pengajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kepuastakaan (library research) yaitu penelitian yang datanya diolah dari berbagai buku, catatan, surat kabar, tulisan yang dianggap relevan dengan penelitian. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu accelerated learning dapat diterapkan pada tingkat pemula. Dalam praktek pengajaran bahsa Arab dibagi ke dalam tiga fase, yaitu fase pertama dimana siswa masuk ke dalam kelas yang suasananya remang-remang, musik yang lembut, dan juga ada gambar yang memuat informasi qawwa’id an-nahwi yang berkaitan dengan materi muhadatsah yang akan diajarkan. Fase kedua adalah fase penyejian materi baru, yang mana semua bentuk penyajian materi harus menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Fase ketiga adalah yang merupakan fase reinforcement terhadap materi muhadatsah baru pada taraf bawah sadar, konsernya dibagi dalam dua pointer yaitu konser aktif dan konser pasif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: drs. Nazri Syakur,M.A
Uncontrolled Keywords: accelerated learning; musik; belajar; bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:14
Last Modified: 28 Nov 2023 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum