PERBANDINGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP DASAR KIMIA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SEMESTER I ANTARA SISWA MTsN I DAN MTs MU’ALLIMAT YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003

MUKHOYYAROTUL JANNAH , NIM. 98454051 (2003) PERBANDINGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP DASAR KIMIA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SEMESTER I ANTARA SISWA MTsN I DAN MTs MU’ALLIMAT YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP DASAR KIMIA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SEMESTER I ANTARA SISWA MTsN I DAN MTs MU’ALLIMAT YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003)
BAB I. V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP DASAR KIMIA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SEMESTER I ANTARA SISWA MTsN I DAN MTs MU’ALLIMAT YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Rendahnya tingkat penguasaan peserta didik akan konsep-konsep kimia tercermin dari rendahnya NEM Kimia siswa MA di Yogyakarta selama 2 tahun terakhir. Rendahnya penguasaan siswa akan konsep dasar kimia perlu ditelusuri dan ditelaah secara seksama. Pengetahuan mengenai kimia perlu diberikan secara umum agar lebih mendekatkan siswa kepada kimia karena kehiduan atau gejala-gejala di alam akan selalu berkaitan erat dengan bahan-bahan kimia atau proses kimia. Dari latar belakang diatas, penulis ingin meneliti perbedaan yang signifikan tingkat penguasaan konsep dasar kimia antara siswa MTsN I Yogyakarta dengan MTs Mu’allimat Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif diferensial. Populasi penelitian terdiri dari semua siswa MTs kelas I semester 1 MTsN I Yogyakarta dan siswa MTs Mu’allimat Yogyakarta tahun ajaran 2002/2003. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan tes, sementara teknik analisa menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa (1) hasil analisi statistik menunjukkan ada perbedaan signifikan tingkat penguasaan konsep dasar kimia yang terintegrasi dalam mata pelajaran IPA antara siswa MTsN I Yogyakarta dengan siswa MTs Mu’allimat Yogyakarta. (2) hasil analisis secara deskriptif terhadap aspek kognitif contohnya aspek dalam memahami pengertian, tingkat pemahaman akan arti konsep-konsep atau istilah dasar kimia siswa MTsN I Yogyakarta sebesar 48,29% dan siswa MTs Mu’allimat Yogyakarta sebesar 44,86% yang keduanya masuk dalam criteria sedang. Contoh lainnya yaitu aspek menuliskan peranan reaksi, bahwa kemampuan sisiwa dalam menuliskan persamaan reaksi kimia siswa MTsN I Yogyakarta sebesar 11,11% dan siswa MTs Mu’allimat Yogyakarta sebesar 20,22% yang tergolong sangat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:16
Last Modified: 23 Apr 2014 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum