PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SANTRI (STUDI LAPANGAN DI PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI, LOMBOK BARAT, NTB)

NAZARUDDIN, NIM. 97423647 (2003) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SANTRI (STUDI LAPANGAN DI PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI, LOMBOK BARAT, NTB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SANTRI (STUDI LAPANGAN DI PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI, LOMBOK BARAT, NTB))
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SANTRI (STUDI LAPANGAN DI PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI, LOMBOK BARAT, NTB))
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat maka seseorang yang berinteraksi dalam masyarakat dituntut untuk mampu berbahasa, baik bahasa lisan maupun tulisan. Pada mulanya Bahasa Arab adalah bahasa bangsa Arab, namun seiring dengan perjalanan waktu dan adanya manusia yang berusaha menyebarluaskannya, maka Bahasa Arab sampai keseluruh penjuru dunia. Terutama bangsa-bangsa yang mayoritas penduduknya beragama Islam, termasuk bangsa Indonesia. Beberapa lembaga pendidikan sperti pondok pesantren menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa pokok pembelajaran. Di beberapa pondok pesantren bahasa Arab dikembangkan dan dimasyarakatkan sebagai media komunikasi dan berekspresi, sekaligus menunjang kompetensi santri dalam mendalami kitab-kitab klasik. Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kediri Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat mewajibkan para santri untuk berkomunikasi menggunakan bahsa Arab setiap harinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) . Sumber datanya mencakup seluruh aspek yang telibat di dalam pondok pesantren, sedang pengumpulan datanya menggunakan metode Interview (Wawancara), metode Observasi dan metode Dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah analitik diskriptik. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah: 1. Pesantren Nurul Hakim menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab, yaitu “ECLECTIC METHOD”. 2. Penerapan bahsa Arab sebagai alat komunikasi santri dilaksanakan setelah santri menempuh dua jenjang pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: alat komunikasi Santri
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:22
Last Modified: 31 Mar 2017 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum