WACANA SEKULARISASI DALAM PEMIKIRAN ISLAM KONTEPORER DI INDONESIA (Studi tentang Kontroversi antara M. Rasjidi dan Nurcholish Madjid)

ABDUL WAHID, NIM. 97121921 (2003) WACANA SEKULARISASI DALAM PEMIKIRAN ISLAM KONTEPORER DI INDONESIA (Studi tentang Kontroversi antara M. Rasjidi dan Nurcholish Madjid). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I. V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perdebatan masalah sekularisasi pada awal tahun 1970-an merupakan sebuah perdebatan dalam rangka mencari model reaktualisasi ajaran Islam dalam konteks kemodernan dan keindonesiaan, bukan sekedar sebuah wacana politik seperti yang terjadi pada tahun 1930-an. Selain itu dari perspektif historis pemahaman terhadap wacana sekularisasi pada tahun 1970-an itu untuk sebagian akan membantu ke arah pemahaman yang tepat terhadap perkembangan pemikiran Islam dewasa ini. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang sumber datanya adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam analisa data digunakan metode komparatif-kritiskonstruktif sedang pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosio historis. Kontroversi M. Rasjidi dan Nurcholish Madjid dalam masalah sekularisasi terlihat cukup sengit, namun dibalik itu mereka ternyata memiliki titik-titik temu tertentu, terlepas apakah masing-masing menyadari dan mengakuinya atau tidak. Titik temunya menyangkut 2 hal yaitu (1) M. Rasjidi maupun Nurcholish Madjid sama-sama menolak sekularisme, (2) M. Rasjidi maupun Nurcholish Madjid sama-sama mendukung untuk tidak mengatakan menganjurkan pembaharuan fikih Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sekularisasi, pemikiran Islam, kontroversi, M. Rasjidi, Nurcholish Madjid
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:29
Last Modified: 29 Jul 2015 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum