ANALISIS SIX SIGMA: UPAYA PENINGKATAN KINERJA LAYANAN ZAKAT (STUDI KASUS DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA)

SITI RODIYAH , NIM. 10240012 (2014) ANALISIS SIX SIGMA: UPAYA PENINGKATAN KINERJA LAYANAN ZAKAT (STUDI KASUS DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SIX SIGMA: UPAYA PENINGKATAN KINERJA LAYANAN ZAKAT (STUDI KASUS DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SIX SIGMA: UPAYA PENINGKATAN KINERJA LAYANAN ZAKAT (STUDI KASUS DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zakat merupakan ajaran yang melandasi bertumbuh kembangnya sebuah kekuatan sosial ekonomi umat Islam, angka pertumbuhan zakat nasional pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta merupakan salah satu organisasi pengelola zakat yang sedang mengalami perkembangan pesat, akan tetapi hal tersebut belum cukup dijadikan ukuran bahwa kinerja organisasi ini sudah optimal. Six Sigma muncul sebagai metode perbaikan yang populer karena berfokus pada output organisasi yang penting bagi pelanggan sekaligus menjustifikasi perbaikan dengan menunjukkan peningkatan produktivitas dan kualitas yang jelas bagi organisasi. Dalam six sigma, kepuasan konsumen menjadi utama dalam mengukur kualitas organisasi. Sehingga salah satu pengukuran kualitas organisasi pengelola zakat dapat diukur melalui kepuasan muzakki dan mustahiq terhadap kinerja layanan amil. Jenis penelitian ini disebut dengan mixed methods research, populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan (muzakki dan mustahiq) BAZNAS Kota Yogyakarta yang aktif pada tahun 2013 berjumlah 1300, sedangkan sampel yang diambil adalah 130 responden. Data kuantitatif penelitian diperoleh melalui kuesioner servperf, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan wawancara kepada pihak pengelola (amil) BAZNAS Kota Yogyakarta disertai dengan observasi dan dokumen dari lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan muzakki dan mustahiq terhadap kinerja layanan zakat pada pengukuran servperf rata-ratanya adalah 3,82 artinya secara keseluruhan kinerja layanan zakat BAZNAS Kota Yogyakarta sebesar 76,44% dan masih memberikan peluang munculnya ketidakpuasan muzakki dan mustahiq terhadap kinerja layanan tersebut sebesar 23,56%. Pada fase measure menunjukkan bahwa kinerja layanan zakat di BAZNAS Kota Yogyakarta berada pada level 2,22 sigma, artinya kualitas organisasi ini dikategorikan kurang baik dan masih belum menunjukkan kinerja layanan yang maksimal. Sedangkan dimensi yang mempunyai nilai kinerja layanan terendah dan mempunyai tingkat sigma terkecil secara berurutan adalah: empathy, responsiveness, assurance, tangibles, reliability. Dari hasil wawancara dengan amil kemudian dianalisis dengan fishbone diagram, maka didapatkan akar penyebab masalah dan usulan tindakan perbaikan untuk meningkatkan kinerja layanan zakat yang dapat dikategorikan menjadi empat faktor yaitu man, machines, methods dan environment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: six sigma, kinerja layanan, BAZNAS Kota Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Apr 2014 13:23
Last Modified: 03 Dec 2015 12:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12078

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum