BIMBINGAN AKHLAK KARIMAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SALSABILA KLASEMAN, SINDUHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA

ALI ZUBAIR, NIM. 06220021 (2014) BIMBINGAN AKHLAK KARIMAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SALSABILA KLASEMAN, SINDUHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN AKHLAK KARIMAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SALSABILA KLASEMAN, SINDUHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN AKHLAK KARIMAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SALSABILA KLASEMAN, SINDUHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Islam merupakan agama yang berakhlak. Ini dapat dilihat bahwa akhlak merupakan salah satu perhatian terpenting dalam agama. Untuk menjadi berakhlak harus melalui tahap pembentukan akhlak. Pendidikan adalah sarana paling strategis dan guru merupakan pihak yang memegang peranan sentral. Seorang guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan semata, tetapi jauh lebih berat yaitu untuk mengarahkan dan membentuk akhlak, perilaku dan kepribadian berbagai usaha tentu harus dilakukan secara optimal oleh setiap lembaga pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan agama Islam. SDIT Salsabila adalah salah satu lembaga pendidikan yang menekankan tentang agama dan akhlak. Dan SDIT Salsabila Sleman mengusung visi ingin mencetak insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. SDIT Salsabila karena lembaga pendidikan itu memiliki program pendidikan agama kepada siswa-siswinya agar mereka dapat menjadi insan yang berakhlaqul karimah dan SD tersebut tidak hanya mengajarkan materi sekolah tetapi juga memperhatikan masalah keagamaan. Inilah sisi menariknya dari penelitian ini. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah yang ingin mengetahui tentang metode bimbingan akhlak siswa SDIT Salsabila. Adapun landasan teorinya adalah tentang pengertian akhlak, pembiasaan, keteladanan, dan metode bimbingan akhlak. Hasil penelitian ini berupa metode bimbingan akhlak siswa ialah metode bintang prestasi, dan bentuknya pembiasaan sholat lima waktu, berinfaq, kemandirian siswa, saling menyayangi, dan kepatuhan kepada guru dan orang tua. Metode bintang prestasi adalah metode yang efektif sebagai upaya bimbingan akhlak Karimah siswa kelas 2 SDIT Salsabila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nailul Falah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bimbingan Akhlak Karimah, SDIT Salsabila Metode Bintang Prestasi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Apr 2014 13:28
Last Modified: 19 Oct 2015 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum