PENGEMBANGAN MEDIA KARTU MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI

AISYAH NUR AFLAHAH ULFA , NIM. 06670022 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MEDIA KARTU MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MEDIA KARTU MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Kartu Kimia Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA/MA Kelas X Semester 1 Berdasarkan Standar Isi yang dapat dipakai sebagai sumber belajar dalam pembelajaran kimia dan sumber belajar mandiri. Selain itu, untuk mengetahui kualitas Media Kartu Kimia, Media Kartu dinilai oleh tiga guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Prosedur pengembangan Media Kartu Kimia terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian produk. Media Kartu Kimia diberi masukan oleh dua orang dosen pembimbing, satu orang ahli media, satu orang ahli materi, dan tiga orang teman sejawat (peer reviewer). Media Kartu Kimia kemudian dinilai kualitasnya oleh tiga guru kimia SMA/MA serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi 6 aspek penilaian dengan 15 indikator penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh peserta didik meliputi 3 aspek penilaian dengan 10 indikator penilaian. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Media Kartu Kimia. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Media Kartu Kimia Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA/MA Kelas X Semester 1 Berdasarkan Standar yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian guru. Kualitas Media Kartu Kimia yang telah disusun diperoleh skor rata-rata rata-rata 69,3 dengan persentase keidealan 92,4 % dan respon menurut peserta didik diperoleh skor respon 19,1 dengan persentase keidealan 95,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Kartu Kimia, Penelitian Pengembangan.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 08:38
Last Modified: 22 Feb 2016 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum